Pemeriksaan Lapangan Paket Pekerjaan Jalan Tahun 2023

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman. Pada awal bulan maret ini, dilakukan pemeriksaan lapangan terhadap pekerjaan bidang Bina Marga yang dilakukan pada tahun anggaran 2023.

Paket pekerjaan yang diperiksa adalah pekerjaan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) bidang jalan, yaitu paket Penanganan Long Segment (Pemeliharaan Rutin, Pemeliharaan Berkala, Peningkatan/Rekonstruksi) Tematik Glagah – Pantai Congot, Sp. Demen – Girigondo, dan Ps. Jombokan – Trukan Wetan serta Non-Tematik Kasatrian – Ds. Panjatan dan Boro – Gerbosari.

Pemeriksaan dilakukan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 5 sampai 7 Maret 2024. Hari pertama paket yang diperiksa adalah Sp. Demen – Girigondo dan Ps. Jombokan – Trukan Wetan. Hari kedua paket yang diperiksa adalah Glagah – Pantai Congot dan Kasatrian – Ds. Panjatan. Sedangkan untuk paket Boro – Gerbosari diperiksa pada hari terakhir.

Pemeriksaan fisik yang dilakukan meliputi pengecekan lebar, panjang, dan tebal perkerasan maupun bahu jalan. Pengecekan lebar dan panjang dilakukan menggunakan meteran, sedangkan untuk pemeriksaan tebal dilakukan menggunakan alat core drill.

(BM)