Sosialisasi Penyerahan PSU Perumahan Kabupaten Kulon Progo

Pada hari Sabtu tanggal 12 November 2022 dan hari Minggu tanggal 13 November 2022 diadakan sosialisasi penyerahan Prasarana, Sarana dan Utlilitas Perumahan kepada Pemerintah Daerah Kulon Progo pada dua lokasi perumahan. Sosialisasi yang dilakukan oleh Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo diselenggarakan pada Perumahan Sinar Indah Giripeni dan Perumahan Krembangan Asri. Dua perumahan tersebut termasuk dalam target penyerahan PSU perumahan kepada Pemda Kulon Progo pada tahun anggaran 2022 ini. Sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk pemberian informasi kepada warga perumahan bahwa akan diselenggarakan proses penyerahan PSU Perumahan yang akan dilakukan dalam beberapa tahap. Beberapa tahapan yang akan dilakukan diantaranya yaitu pengukuran PSU oleh Badan Pertanahan Nasioanl Kulon Progo untuk memastikan luasan PSU sudah sesuai dengan luasan PSU yang terdapat dalam dokumen siteplan dan proses pelepasan hak PSU perumahan oleh pengembang perumahan. Terkhusus untuk perumahan yang sudah ditinggalkan oleh pengembang perumahan, yang dalam hal ini pengembang perumahan sudah tidak terlacak keberadaannya atau dimungkinkan sudah bubar,  proses pelepasan hak akan dilakukan oleh perwakilan paguyuban warga perumahan yang bersangkutan. tentu saja sebelum dilakukan pelepasan hak oleh warga, Pemerintah Daerah Kulon Progo, yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, dibantu oleh Badan Pertanahan Nasional Kulon Progo harus memastikan bahwa status pengembang perumahan yang bersangkutan sudah benar – benar dinyatakan pailit atau bangkrut secara hukum. Salah satu langkah yang dapat ditempuh yaitu dengan melakukan koordinasi dengan asosiasi pengembang perumahan yang berada di kabupaten kota atau provinsi tempat perumahan tersebut dibangun.

Sosialisasi Penyerahan PSU Perumahan di Perumahan Sinar Indah Giripeni, Kalikepek, Giripeni, Wates, Kulon Progo

Sosialisasi Penyerahan PSU Perumahan di Perumahan Krembangan asri, Dukuh X, Krembangan, Panjatan, Kulon Progo

Kesimpulan Sosialisasi adalah sebagai berikut  :

  1. Seluruh warga perumahan Krembangan Asri maupun Perumahan Sinar Indah giripeni menyatakan setuju dan bersedia mendukung segala kegiatan penyerahan PSU Perumahan Krembangan Asri kepada Pemda Kulon Progo.
  2. Ditunjuk perwakilan dari warga perumahan dan dari pemerintah desa Krembangan untuk membantu memberikan pendampingan pada saat dilaksanakan proses pengukuran fasum fasos perumahan oleh petugas BPN Kulon Progo
  3. Segera dilakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kulon Progo untuk penjadwalan pengukuran PSU Perumahan Krembangan Asri dan Perumahan Sinar Giripeni Indah.

Diharapkan setelah agenda soisalisasi terkait mekanisme dan proses penyerahan PSU perumahan dilakukan, warga perumahan dapat semakin kooperatif membantu atau mendukung setiap proses dan tahapan penyerahan PSU Perumahan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo terhadap PSU di setiap perumahan – perumahan yang bersangkutan.

_PERKIM_