SURAT PERINGATAN PENGAWASAN PENDIRIAN BANGUNAN REKLAME

Bangunan reklame termasuk dalam objek Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dengan klasifikasi bangunan prasarana. DPUPKP Kabupaten Kulon Progo saat ini sedang memberikan pembinaan penertiban bangunan reklame yang belum ber PBG atau ber SLF (Sertifikat Laik Fungsi). Dengan adanya kegiatan ini, banyak pemilik usaha bangunan reklame yang berkonsultasi di Bidang Cipta Karya DPUPKP Kab Kulon Progo untuk mendapatkan kejelasan mengenai Surat Teguran PBG yang diterima.

Surat teguran tersebut merekomendasikan pemilik untuk mengurus PBG (Persetujuan Bangunan Gedung) bangunan konstruksi reklamenya (bukan pajak konten reklame).

Karena rata-rata / sebagian besar reklame telah berdiri, maka permohonan yang dilaksanakan adalah SLF (Sertifikat Laik Fungsi) dan sekaligus terbit PBG (Persetujuan Bangunan Gedung), dengan melengkapi :

  1. KTP Pemilik bangunan konstruksi Reklame,
  2. KRK/ dokumen Kesesuaian Tata Ruang yg diterbitkan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang,
  3. Dokumen Lingkungan yg diperoleh dari oss.go.id sesuai jenis usahanya,
  4. gambar dan foto bangunan reklame

Catatan ; untuk konstruksi reklame dengan luas lebih dari 15 m², wajib melampirkan dokumen perhitungan konstruksi reklame yang dibuat tenaga ahli konstruksi ber - SKA ( memiliki Sertifikat Keahlian Konstruksi ),

  1. Surat Pernyataan Kelayakan Fungsi Bangunan yg dibuat oleh pengkaji teknis yg ditunjuk oleh pemilik bangunan reklame, dilampiri SKA (Sertifikat Keahlian) dari pengkaji teknis tsb.  Format Surat Pernyataan Kelayakan Fungsi Bangunan dapat diunduh di: https://bit.ly/SP_kelayakan_fungsi

Semua dokumen tersebut dibuat dalam bentuk softfile, kemudian melakukan register dan upload di aplikasi simbg.pu.go.id dengan memilih permohonan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk bangunan reklame yang sudah terbangun, dan memilih Prasarana - Media Informasi.

Sebagai catatan, KRK/ Kesesuaian tata ruang (persyaratan nomor 2) yang diterbitkan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, dapat diajukan dengan syarat:

- KTP pemilik usaha,

- Koordinat lokasi reklame,

- Bukti sewa lahan (jika lahan masih sewa), dan ,

- Sertifikat lahan tempat bangunan konstruksi reklame berdiri.

Demikian Informasi yang dapat diberikan terkait perijinan PBG-SLF bangunan reklame.

Gedung_CK_2022