Rapat FGD Pemberdayaan Komunitas di Waduk Sermo

Bertempat di kantor DMU (Dam Monitoring Unit), Waduk Sermo pada tanggal 31 Agustus 2022 dari jam 09.00 sampai dengan selesai telah diselenggaran Rapat FGD Waduk Sermo dengan penyelenggara dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBWS-SO) selaku stakeholder pengelola Waduk Sermo. Rapat dihadiri antara lain oleh Dinas Pertanahan & Tata Ruang, DPUPKP (Bidang SDA dan UPT Kebersihan), BBWS OP SDA 1, Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Pokdarwis sekitar Waduk Sermo, Poktan sekitar Waduk Sermo, serta unsur Kalurahan Hargowilis. Acara tersebut menghadirkan narasumber yaitu Bapak Anugerah serta dimoderatori oleh Bapak Tanjung selaku pemerhati lingkungan Waduk Sermo serta mengundang stakeholder (pemangku kepentingan) termasuk berbagai komunitas yang ada di Waduk Sermo. Pemanfaatan selama ini sebagian besat untuk air baku (air minum), penggelontoran kota Wates, serta suplesi Daerah Irigasi Kalibawang.

Focus Group Discussion (FGD) membahas tentang kondisi Waduk Sermo, sosialisasi zonasi Waduk Sermo, koordinasi rencana sertifikasi tanah tanggul Irigasi yang menjadi milik BBWS-SO. Juga dibahas permasalahan yang dihadapi sebagai tantangan di masa depan dalam beberapa aspek, antara lain lingkungan, fisik, ekonomi dan budaya, pencemaran limbah lingkungan, sedimentasi dalam waduk, erosi tebing, pelanggaran sempadan serta kerusakan fasum. Dari diskusi dn pemaparan tersebut diharapkan ada langkah nyata dalam hal usulan-usulan penanganan dan stakeholder yang bertanggungjawab dalam pengelolaan serta pemanfaatan Waduk Sermo.

Adanya FGD ini bertujuan tidak lain untuk menyamakan persepsi serta koordinasi menyatukan langkah agar ke depannya segala permasalahan yang ditimbulkan sebagai dampak pemanfaatan Waduk Sermo serta permasalahan dalam Operasional dan Pemeliharaan Waduk Sermo. Pada muaranya yaitu supaya seluruh stakeholder bisa memanfaatkan sekaligus melestarikan kebeardaan Waduk Sermo sebagai asset yang dimiliki Kabupaten Kulon Progo sekaligus satu-satunya Waduk/bendungan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. (HS-SDA)