Sosialisasi Aplikasi Jakonku untuk Paket Pekerjaan Swakelola di Lingkungan DPUPKP Kab. Kulon Progo

Pada hari Senin tanggal 27 Juni 2022 telah dilaksanakan Sosialisasi aplikasi Jakonku untuk paket pekerjaan swakelola di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo. Acara ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari penambahan fitur Aplikasi Jakonku untuk pekerjaan swakelola. Aplikasi Jakonku sendiri mempunyai tujuan bagi pemerintah daerah pada umumnya dan DPUPKP pada khususnya untuk monitoring dan pengendalian paket pekerjaan yang ada di lingkup DPUPKP Kab. KP. Bagi Penyedia Jasa Konstruksi aplikasi Jakonku mempunyai manfaat untuk meningkatkan tertib administrasi maupun teknis. Pada tahun anggaran 2020 dan 2021 aplikasi jakonku sudah mencakup pada pekerjaan-pekerjaan konstruksi yang sifatnya kontraktual. Di tahun anggaran 2022 ditambahkan fitur baru yang dimasukkan pada aplikasi yaitu pekerjaan swakelola. Sebagai tahap awal/ pilot project ,sosialisasi ini mengundang pengelola dan pendamping/TFL pekerjaan swakelola DAK Air Minum dan Sanitasi tahun anggaran 2022 sebanyak 15 paket DAK Air Minum 1 paket APDN Air Minum dan 8 paket DAK sanitasi.

Latar Belakang di bangunnya aplikasi jakonku adalah perlunya sistem pengendalian proyek diperlukan untuk menjaga kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Dalam upaya pengendalian paket pekerjaan di DPUPKP-KP yang lebih efektif dan efisien, diperlukan sistem monitoring dan evaluasi kegiatan yang baik untuk memastikan sebuah kegiatan tepat waktu,tepat biaya dan tepat kualitas. Sistem monitoring ini  memerlukan dukungan sistem yang dapat menyajikan informasi secara cepat, akurat dan tepat (real time). Pada kondisi existing, alur pelaporan pekerjaan oleh rekanan baik laporan harian dan laporan mingguan masih konvensional/manual sehingga proses pelaporan kepada dinas masih belum bisa didapatkan secara cepat, akurat dan tepat (real time). Informasi paket pekerjaan secara cepat, akurat dan tepat (real time) merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan dalam mengambil suatu keputusan,kebijakan dan langkah2 antisipasi dalam upaya untuk pengendalian suatu paket pekerjaan untuk memastikan sebuah pekerjaan konstruksi dapat berjalan dengan tepat waktu,tepat biaya dan tepat kualitas. Monitoring dan Evaluasi kemajuan proyek dilakukan dengan cara membandingkan kemajuan/progress yang dicapai dilapangan dengan standar perencanaan/progress rencana yang telah dibuat sebelumnya atau yang biasa disebut schedulle(kurva S). Dari membandingkan dua hal itu diperoleh informasi suatu pekerjaan konstruksi tersebut apakah sudah berjalan sesuai dengan rencana atau tidak baik dari segi waktu, biaya maupun kualitas serta meningkatkan kinerja tertib pelaporan dan administrasi rekanan pelaksana konstruksi Dalam  proses  kegiatan  di atas  diperlukan  suatu  aplikasi  yang  cepat,  akurat, tepat(realtime), interaktif, dan informatif.  Oleh  karena  itu,  perlu adanya pengembangan Aplikasi berbasis WEB yang fleksibel untuk mengelola data konstruksi dari proses pengadaan sampai  pelaksanaan untuk keperluan monitoring dan evaluasi paket pekerjaan khususnya di  DPUPKP-KP. Pada perjalanannya aplikasi tersebut dinamakan aplikasi Jakonku (Jasa Konstruksi Kulon Progo)

Pada acara tersebut sebagai narasumber adalah bpak Donny Aprilianto, S.Si yang merupakan praktisi atau ahli di bidang Teknologi Informasi sebagai salah satu yang membangun aplikasi Jakonku. Dalam pemaparannya, narasumber memberikan materi terkait pengoperasian aplikasi dan interaksi antar akun didalamnya yaitu akun Super Admin, Admin Bidang, Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, PPK, Direksi dan KKM sebagai pelaksana kegiatan. Acara kemudian dilanjutkan diskusi dan praktek langsung oleh peserta sosialisasi. Terselenggaranya sosialisasi ini diharapkan pelaksanaan pekerjaan jasa konstruksi DPUPKP Kabupaten Kulon Progo dapat meningkat baik dari ketepatan waktu, ketepatan biaya, ketepatan pencapaian kualitas dan kuantitas fisik, serta tertib administrasi.

(Amri_CK)