Bimbingan Teknis Transaksi MBizmarket

Kamis, 21 Juli 2022 bertempat di ruang rapat VIP Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo diadakan rapat Diskusi Online transaksi Bela Pengadaan melalui MBizmarket yang diikuti oleh beberapa perwakilan setiap bidang dan UPT di DPUPKP.  Acara ini difasilitasi oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo dengan moderator Bapak Taufik Amirullah, ST. M.M (Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah ).

Disampaikan dalam diskusi online ini bahwa transaksi pengadaan barang / jasa diseluruh Indonesia dibeberapa Provinsi atau Kabupaten sudah berjalan lancar. Untuk itu target pelaksanaan transaksi melalui toko daring MBizmarket di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kulon Progo harus  sudah berjalan secara keseluruhan disetiap OPD pada Tahun 2023 nanti.

Penjelasan umum, alur dan teknis penggunaan aplikasi disampaikan oleh SubKoordinator Kelompok Substansi Pengelolaan LPSE R. Ardhiyanto Eko Purwanto, S.E., M.PA.  Selama diskusi juga ada beberapa konsultasi dari instansi baik yang sudah menggunakan atau baru akan memulai penggunaan MBizmarket, diantaranya tentang bagaimana penyusunan SPJ dan proses pembayaran transaksi penggunaan Mbizmarket. Selain itu juga disampaikan data dari 138 penyedia / toko sudah masuk di Mbizmarket. 

Sampai dengan akhir bulan Juli 2022 di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kulon Progo, transaksi yang sudah dilakukan sebanyak dua belas kali dengan nilai transaksi sebesar Rp 14.785.752,-. Diharapkan setiap OPD segera melengkapi Akun masing-masing dan memberitahu ke penyedia atau rekanan yang belum masuk ke dalam Mbizmarket. Goal dari kegiatan diskusi ini adalah pada triwulan ketiga setiap OPD harus mulai menggunakan/ujicoba, pada triwulan keempat harus sudah bertransaksi kemudian nanti di Tahun 2023 bisa terlaksana secara keseluruhan sesuai dengan harapan.  

(Keu)