REHABILITASI GEDUNG EX LAS BLK UNTUK AULA DAN FACTORY OUTLET

Berdasar usulan dari Balai Latihan Kerja (Vocational Training Center) atau lebih dikenal dengan singkatannya yaitu BLK, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulon Progo selaku dinas teknis yang menanangani pembangunan Bangunan Gedung Pemerintah ditugaskan untuk mengawal proses Rehabilitasi Gedung ex Las BLK.  Kegiatan rehabilitasi ini sudah berkontrak sejak tanggal 12 Mei 2022 dengan waktu pekerjaan selama 150 hari kalender sehingga kontrak akan berakhir pada tanggal 9 Oktober 2022. Gedung yang mulanya merupakan ruang praktek las akan dialihfungsikan menjadi Aula dan Facory Outlet

Kegiatan rehabilitasi ini dilaksanakan oleh CV. Sarana Karya selaku kontraktor dan CV. Balko Sinawang selaku konsultan Pengawas. Bangunan yang mulanya memiliki luasan 264 m2 akan ditingkatkan luasannya menjadi 330m2. Selain penambahan luas ruangan, kegiatan rehabilitasi ini juga termasuk penggantian total struktur dan penutup atap, pembuatan langit-langit, penggantian kusen, pintu dan jendela serta penggantian penutup lantai.

Tambahan ruang seluas 66 m2 merupakan penambahan 2 modul berdimensi 3 m x 11 meter dan memiliki kolom beton sebesar 30 cm x 30 cm. Untuk struktur atap baru menggunakan baja ringan mengganti yang sebelumnya menggunakan struktur atap kayu dan untuk penutup atapnya menggunakan metalroof pasir. Plafon menggunakan material gypsum untuk bagian dalam dan GRC untuk bagian yg rawan terkena air misalnya pada bagian selasar. Kusen dan pintu jendela juga menggunakan material alumunium, sedangkan lantai menggunakan keramik polos dengan ukuran 40 cm x 40 cm.

              Meski waktunya pengerjaannya cukup longgar, bahkan memiliki deviasi pekerjaan yang positif di bulan pertama, DPUPKP tetap berpesan kepada semua pihak yg terlibat untuk tetap menjaga kualitas pekerjaan sehingga dapat tetap tepat biaya, tepat mutu dan tepat waktu, baik fisik maupun adminisrasi, serta bangunan yang nantinya selesai direhabilitasi menjadi bangunan yang tepat guna dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada penggunanya.

_CK_