Sosialisasi Penyerahan PSU Perumahan Kabupaten Kulon Progo

Sosialisasi Penyerahan PSU Perumahan Kabupaten Kulon Progo

 

Pada hari kamis tanggal 02 juni 2022 di ruang rapat kantor dinas PUPKP Kulon Progo, diadakan rapat koordinasi pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh beberpapa OPD diantaranya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Pertanahan dan tata ruang, Badan Keuangan dan Aset Daerah dengan perwakilan paguyuban warga perumahan dari beberapa perumahan di kabupaten kulon progo yang menjadi target penyerahan PSU perumahan pada Tahun 2022. Beberapa perumahan yang diundang pada rapat koordinasi kali ini adalah perumahan – perumahan yang sudah dibangun dalam waktu yang cukup lama sehingga keberadaan pengembang perumahannya sudah sulit dilacak atau kemungkinan besar sudah dinyatakan bubar apabila mengacu dari data – data yang dimiliki oleh dinas – dinas yang menangani perijinan pembangunan perumahan. Maksud dari kegiatan rapat koordinasi dengan paguyuban warga perumahan ini adalah untuk menggali informasi terkait kemungkinan warga yang masih memiliki kontak dengan pengembang perumahan  terdahulu, sekaligus menginventarisasi kemungkiman masalah dan konflik terkait tanah di perumahan – perumahan yang bersangkutan.

Rapat koordinasi Penyerahan PSU Perumahan antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan Perwakilan Paguyuban Perumahan

Dari hasil rapat koordinasi didapatkan beberapa kesimpulan :

  1. Keseluruhan perumahan yang hadir diwakili oleh perwakilan paguyuban warga masing – masing perumahan, menyatakan tidak mengetahui keberadaan alamat ataupun status dari pengembang perumahan.
  2. Keseluruhan perumahan yang hadir tidak pernah menerima atau diserahterimakan asset Prasarana, Sarana, dan Utilitas ( PSU ) Perumahan dalam bentuk sertifikat ataupun surat tertulis lainnya oleh pengembang perumahan
  3. Keseluruhan perumahan yang hadir diwakili oleh perwakilan paguyuban warga masing – masing perumahan, menyatakan mendukung segala proses serah terima dan sertifikasi Prasarana, Sarana,dan Utilitas ( PSU ) Perumahan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo

Kelanjutan dari rapat koordinasi yang mempertemuakan  antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan perwakilan dari Paguyuban Perumahan di atas, Pihak Dinas PUPKP Kabupaten Kulon Progo sebagai perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengadakan sosialisasi langsung kepada para warga perumahan terkait mekanisme dan proses penyerahan PSU Perumahan di lokasi masing – masing perumahan yang bersangkutan.

 

Sosialisasi Penyerahan PSU Perumahan di Perumahan Puri Wates Asri

 

Sosialisasi Penyerahan PSU Perumahan di Perumahan Puri Sentolo Asri

Diharapkan setelah agenda soisalisasi terkait mekanisme dan proses penyerahan PSU perumahan dilakukan, warga perumahan dapat semakin kooperatif membantu atau mendukung setiap proses dan tahapan penyerahan PSU Perumahan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo terhadap PSU di setiap perumahan – perumahan yang bersangkutan.

_PERKIM_