Rapat Koordinasi Operasional Jalan Kemiri III dan Penutupan Perlintasan Sebidang Teteg Wetan

Pada hari Kamis, 9 Juni 2022, dilaksanakan Rapat Koordinasi Operasional Jalan Kemiri III dan Penutupan Perlintasan Sebidang Teteg Wetan. Rapat diadakan di Ruang Rapat VIP Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo. Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo dan PT KAI Daop VI Yogyakarta.

Pada rapat ini Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo menyampaikan alternatif rencana pengoperasionalan Jalan kemiri III dan penutupan perlintasan sebidang Teteg Wetan. Rencana tersebut meliputi pemasangan portal batas ketinggian di titik masuk dan keluar Underpass Kemiri, pemasangan pagar tiang rel dan pembangunan divider di perlintasan sebidang Teteg Wetan, pembongkaran divider di ruas jalan Diponegoro dan pembangunan trotoar di sekitar lokasi.

Pihak PT KAI Daop VI Yogyakarta menyambut dengan baik rencana penutupan Teteg Wetan ini. Hal ini sejalan dengan salah satu misi dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk mengurangi angka kecelakaan pada simpul perlintasan sebidang. Selain memberikan apresiasi, PT KAI Daop VI Yogyakarta juga menyampaikan kesanggupan untuk memberikan dukungan penyediaan material pembangunan portal batas ketinggian dan pagar tiang rel.

Pelaksanaan pekerjaan ini direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2022, sehingga pada bulan Agustus 2022 perlintasan sebidang Teteg Wetan dapat ditutup dan lalu lintas dialihkan menuju Underpass Kemiri. Sebelum melakukan penutupan, pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo akan melakukan sosialisasi dan uji coba kepada pengguna jalan.

Diharapkan dengan dioperasionalkannya Jalan Kemiri III dan Underpass Kemiri, serta penutupan perlintasan sebidang Teteg Wetan, dapat meningkatkan kelancaran lalu lintas dan keselamatan bagi pengguna jalan mengingat pada saat ini frekuensi kereta api yang melintas semakin meningkat dan sering terjadi kecelakaan pada simpul perlintasan sebidang.

[BM]