MEMUPUK JIWA NASIONALISME

 

Kemerdekaan Indonesia yang diperoleh pada tanggal 17 Agustus 1945 tidak bisa dilepaskan dari semangat kebangsaan dan patriotisme. Bentuk penghargaan tersebut dapat dilaksanakan dengan menerapkan semangat kebangsaan dan patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
sebagai upaya meningkatkan semangat nasionalisme serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seluruh masyarakat menyanyikan lagu indonesia raya sebelum berktivitas. Lagu wajib nasional adalah salah satu upaya meningkatkan jiwa nasionalisme generasi muda karena di dalam syair lagu wajib nasional mengandung makna tentang prjuangan bangsa Indonesia. Nasionalisme yang berarti cinta tanah air harus dimiliki para generasi muda. Generasi muda sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa akan mengambil alih tanggung jawab kepemimpinan, mulai dari kepemimpinan keluarga sampai dengan kepemimpinan bangsa dan negara.

Untuk memupuk rasa nasinalisme seluruh ASN di jajaran DPUPKP menyanyikan lagu indonesia secara serempak dihalaman kantor sebelum beraktifitas.

(PE)