SOSIALISASI PENGADAAN TANAH PALANG KA BARAT-GEMULUNG (SERMO)

 

Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo pada hari Kamis tanggal 16 Mei 2019 telah melaksanakan sosialisasi pengadaan tanah Palang KA Barat-Gemulung (Sermo) bertempat di Aula Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo. Sosialisasi ini merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan pengadaan tanah yang bertujuan agar masyarakat yang terdampak langsung, yaitu pemilik tanah di lokasi tersebut mengetahui adanya rencana pelebaran jalan di lokasi tersebut.

Pelebaran jalan Ruas Palang KA Barat-Gemulung (Sermo) atau Jalan Tentara Pelajar berlokasi di sekitar teteg barat sampai dengan RSUD Wates sepanjang kurang lebih 775 meter. Sesuai dengan DED, maka jalan tersebut akan dilebarkan rata-rata 2 meter disisi kiri dan 2 meter disisi kanan supaya memenuhi standar lebar minimum jalan kabupaten, yaitu 11 meter (PP Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan). Jalan dari teteg barat sampai RSUD Wates sangat penting untuk ditata dan dilebarkan seiring dengan pengembangan RSUD Wates sebagai rumah sakit internasional dan peningkatan lalu lintas yang cukup padat.

Narasumber dalam sosialisasi pengadaan tanah Palang KA Barat-Gemulung (Sermo) terdiri dari Bappeda, Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo, Lurah Wates, dan Dinas PUPKP Kabupaten Kulon Progo. Narasumber menjelaskan tentang pentingnya pelebaran jalan, tujuan, tahapan pengadaan tanah, penilaian harga tanah oleh Appraisal, dan dokumen yang dibutuhkan. Selanjutnya dilaksanakan tanya jawab peserta sosialisasi, sebagian besar peserta menanyakan tentang dokumen yang dibutuhkan, kondisi status tanah, hal-hal yang dinilai oleh appraisal, dan sebagainya.

Masyarakat pemilik tanah pada prinsipnya setuju dan mendukung rencana penataan dan pelebaran jalan Palang KA Barat-Gemulung (Sermo) untuk kepentingan umum dalam rangka pembangunan dan penataan Kota Wates yang lebih baik. Setelah acara sosialisasi akan dilaksanakan pendataan awal pemilik tanah oleh Tim Pendataan yang akan mendata dan mengumpulkan dokumen-dokumen seperti, fotocopy KTP, KK, dan sertifikat/letter C (bukti kepemilikan tanah).