Percepatan Sertifikasi Tanah Jalan Kabupaten Kulon Progo

Kulon Progo, Kamis (25/11) bertempat di ruang Aula Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo diadakan Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan Sertifikasi Tanah  Jalan Kabupaten Kulon Progo yang dihadiri seluruh Kapanewon dan Kalurahan/Kelurahan Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo, Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kulon Progo dan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kulon Progo.

Pelaksanaan sertifikasi ini untuk mewujudkan tertib pengelolaan barang milik daerah  terutama dalam hal legalitas kepemilikan barang milik daerah sejalan dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 186/PMK.06/2009 Tentang Pensertipikatan Barang Milik Negara Berupa Tanah

Sertifikasi Jalan Kabupaten akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2022 dengan target panjang jalan kabupaten ±800km dengan luas ±560 Ha. Dalam pelaksanaannya nanti akan dibentuk tim OPD dengan Kalurahan/Kelurahan. Kalurahan/kelurahan berperan penting dalam menunjukkan batas-batas tanah jalan dengan tanah di sekitar jalan.

Pada tahun 2022 diharapkan proses pensertifikatan jalan Kabupaten Kulon Progo sudah clear & clean, dengan rencana target waktu seperti berikut:

Rencana Kegiatan

Rencana Waktu Pelaksanaan

Pemasangan Patok Batas Tanah

Triwulan I

Pembuatan Surat Penguasaan Fisik dan Pertanggungjawaban Mutlak

Triwulan II

Pendaftaran Sertipikat Tanah Jalan

Triwulan III

BM