TAHUN 2021 TINGGAL BEBERAPA HARI LAGI

TAHUN 2021 TINGGAL BEBERAPA HARI LAGI

Wates (30/11),  Tahun 2021 tinggal menghitung hari sehingga semua pekerjaan harus selesai tepat waktu, baik itu pekerjaan fisik maupun keuangan. Administrasi yang tertib merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo adalah salah satu entitas pelaporan yang berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dengan menyusun laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Penyusunan laporan keuangan Dinas mengacu Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan yang baik dalam Pemerintahan. Laporan Keuangan yang disusun  dan disajikan dengan basis akrual diharapkan  akan mampu menyajikan informasi keuangan yang transparan, akurat dan akuntabel.

Laporan Keuangan Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna kepada para pemakai laporan, khususnya sebagai sarana untuk meningkatkan akuntabilitas / pertanggungjawaban dan transparansi pengelolaan keuangan  Pemerintah Daerah. Di samping itu laporan keuangan ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada manajemen dalam pengambilan keputusan dalam usaha untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Untuk Koordinasi Persiapan penyusunan laporan keuangan SKPD TA 2021 ,  Subbagian Keuangan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman mengadakan pertemuan/rapat koordinasi persiapan percepatan penyusunan laporan keuangan   di Aula  Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman. (Senin 30/11/2021 )

Pokok pokok tema yang dibahas dalam pertemuan ini sebagai berikut :

  1. Persiapan menanggapi pemeriksaan pendahuluan  PBJ APBD P.
  2. Strategi Cut Off Penyusunan LKPD pada tanggal 30 Nopember 2021.
  3. Pembahasan sistem SIPD dan Simda
  4. Pada bulan Desember dilakukan review oleh inspektorat daerah, meliputi: cash opname, stock opname, dan laporan keuangan, serta laporan aset.

Peserta yang hadir adalah Pejabat Struktural, Pejabat Pengadaan, Petugas Akuntansi, Pengelola keuangan dan pengelola barang/aset di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman termasuk UPT yaitu PALP dan UPT Laboratorium.

Dengan pertemuan ini diharapkan nantinya permasalahan-permasalahan yang terjadi dapat segera  dicari penyebabnya/penyelesaianya serta yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan kepatuhan penyusunan laporan keuangan sehingga Laporan Keuangan SKPD yang dihasilkan akurat dan tepat waktu.

 Rakor berjalan lancar dan sesuai tepat waktu dengan menerapkan protokol kesehatan

(pe)