PEKERJAAN KONSTRUKSI TAHUN 2021 DIPASTIKAN SELESAI TEPAT WAKTU

PEKERJAAN KONSTRUKSI TAHUN 2021 DIPASTIKAN SELESAI TEPAT WAKTU

 

Perubahan APBD Kabupaten Kulon Progo tahun 2021 setelah melalui pembahasan yang sangat panjang akhirnya ditetapkan pada tanggal 19 Oktober 2021 dengan penetapan Perda nomer 8 tahun 2021. Pembahasan perubahan APBD yang cukup lama tersebut sempat membuat resah beberapa kelompok masyarakat yang mengharapkan usulannya segera direalisasikan, terutama kelompok masyarakat yang usulannya pernah tercantum dalam APBD namun terkena refocusing akibat adanya pandemi covid 19 yang berkepanjangan.

 

Pada perubahan APBD tersebut DPUPKP Kabupaten Kulon Progo mendapatkan tambahan pekerjaan konstruksi sebanyak 174 paket (dan ditambah 16 paket pekerjaan konsultansi perencanaan konstruksi serta 16 paket konsultansi pengawasan konstruksi) dengan total nilai sebesar Rp 35.829.344.000 (Tiga puluh lima milyar delapan ratus dua puluh sembikan juta tiga ratus empat puluh empat ribu rupiah). Tambahan pekerjaan tersebut terdistribusi untuk pekerjaan jalan di bidang bina marga 85 paket, pekerjaan jaringan irigasi dan drainase di bidang sumber daya air sebanyak 8 paket, dan pekerjaan prasarana sarana dan utilitas (PSU) kawasan permukiman di bidang perumahan dan kawasan permukiman sebanyak 81 paket.  

 

Terhitung sejak tanggal 19 Oktober 2021 tersebut, maka waktu yang tersisa untuk melaksanakan pekerjaan di tahun 2021 ini tinggal tersisa 72 hari hingga akhir tahun nanti (tanggal 31 Desember 2021). Menjadi perhatian sangat serius bagi DPUPKP untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi tersebut, terlebih sebagian besar paket pekerjaan tersebut belum ada dokumen perencanaannya. Sehingga pekerjaan tersebut harus melalui proses pekerjaan perencanaan dan pekerjaan fisik konstruksi.  Setelah dilakukan perhitungan waktu yang cermat, maka pekerjaan akan dapat diselesaikan pada tanggal 26 Desember 2021. Kepastian tersebut terungkap pada rapat koordinasi dan evaluasi kinerja pelaksanaan kegiatan di DPUPKP yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 Nopember 2021 yang dipimpin langsung oleh Kepala DPUPKP. (Lg)