Perbedaan Mutu Beton K dan Mutu Beton FC

PERBEDAAN MUTU BETON K DAN FC

 

                   Menurut SNI-03-2847-2002 definisi dari beton adalah campuran antara semen portlan, agregat halus, agregat kasar dan air dengan atau tanpa bahan tambahan dengan membentuk masa padat. Beton biasanya digunakan sebagai bahan baku konstruksi dalam proyek konstruksi bangunan seperti rumah tinggal, apartemen, jalan raya, jembatan, bendungan dan berbagai proyek infrastruktur lainnya.

Gambar 1. Komposisi dari beton

 

Gambar 2 Contoh Penggunaan Beton Pekerjaan Konstruksi

Mengenai beton ada yang disebut dengan mutu beton. Mutu Beton adalah pertanda dari kualitas atau kekuatan karakteristik beton yang biasanya ditunjukan dengan satuan angka dan huruf seperti K  dan FC.

Lalu apa perbedaan dari kedua mutu beton tersebut ?

Gambar 3 Perbedaan Mutu Beton K dan Mutu Beton FC

         Perbedaan Pertama Mutu beton K adalah perhitungan kuat tekan beton dengan menggunakan perhitungan dengan satuan kg/cm2, sedangkan dengan mutu beton yang menggunakan istilah FC adalah perhitungan kekuatan beton dengan satuan MPa.

     Perbedaan kedua adalah dalam pembuatan sampel, mutu beton K menggunakan kubus ukuran 15 cm x 15cm x 15 cm , sedangkan pada mutu beton FC menggunakan benda uji silinder berukuran diameter 15 cm dan tinggi 30 cm.

        Perbedaan yang ketiga adalah mutu beton K adalah mengacu kepada peraturan beton bertulang Indonesia (PBI) tahun 1971 yang lebih lama  sedangkan mutu beton FC mengacu pada peraturan terbaru yakni SNI-03-2847-2002

Untuk konversi mutu beton K ke mutu beto FC dapat dilihat pada tabel/gambar 4 dibawah ini

Gambar 4 Konversi Mutu Beton K ke FC

Demikian ulasan singkat tentang perbedaan mutu beton K dan mutu beton FC.