Dana Alokasi Khusus Bidang Jalan Tahun 2022

Dana Alokasi Khusus Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang selanjutnya disebut DAK adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dialokasikan kepada Daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional khususnya untuk membiayai kebutuhan prasarana dan sarana Infrastruktur masyarakat yang belum mencapai Standar Pelayanan Minimal dan Norma Standar Pedoman dan Kriteria atau untuk mendorong percepatan pembangunan daerah.

Pada tahun anggaran 2022, Kabupaten Kulon Progo untuk DAK Bidang Jalan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp. 7.966.376.000,- untuk DAK Reguler (untuk pendukung konektivitas nasional) dan Rp. 7.806.546.000,- untuk DAK Penugasan (untuk pendukung Kawasan Strategis Pariwisata).

DAK Reguler rencananya digunakan untuk menangani ruas Dalangan – Siluwok sepanjang 2,2 km. Ruas Dalangan – Siluwok merupakan ruas jalan utama Kabupaten Kulon Progo dimana mendukung konektivitas nasional seperti menghubungkan ruas jalan nasional dengan ruas jalan provinsi, mendukung akses ke Bandara Internasional Yogyakarta, dan juga ruang satuan strategis makam girigondo.

DAK Penugasan rencananya digunakan untuk menangani ruas Sp.Kepek – Kalimanggis  sepanjang 2,9 km. Sp.Kepek – Kalimanggis  juga merupakan ruas jalan utama Kabupaten Kulon Progo untuk mengubungkan Kota Wates dengan wilayah utara Kabupaten Kulon Progo, mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur, dan juga merupakan akses wisata lokal ke perbukitan menoreh.

Dengan adanya Pembangunan infrastruktur melalui Dana Alokasi Khusus diharapkan mampu mendukung segala bentuk kegiatan/aktivitas masyarakat di berbagai sektor kehidupan seperti perekonomian, pariwisata, pertanian, industri dan masih banyak lagi. (BM)