Tinjauan Lapangan Bersama Pemda Kulon Progo dan Pemda DIY Terkait Serah Terima BMD

Barang Milik Daerah (BMD) adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBD atau berasal dari perolehan lainnya yang sah. Pengelolaan Barang Milik Daerah yang semakin kompleks perlu dikelola secara optimal sehingga pemerintah wajib melakukan pengamanan terhadap Barang Milik Daerah dengan cara pengamanan fisik, pengamanan administratif, dan pengamanan hukum. Pengelolaan BMN dan BMD sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan BMN/Daerah, adalah suatu upaya untuk mengatur dan mengelola suatu BMN/D sehingga terciptanya tertib administrasi dalam penatausahaan dan pengamanan BMN/D. Hibah Barang Milik Degara dilakukan dengan pertimbangan pertimbangan untuk kepentingan sosial, budaya, keagamaan, kemanusiaan, pendidikan yang bersifat non komersial, dan penyelenggaraan pemerintahan negara.

Beberapa waktu sebelumnya, telah dilakukan rapat koordinasi mengenai serah terima aset Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo kepada Pemerintah Daerah DIY. Menindaklanjuti rapat koordinasi tersebut pada Rabu tanggal 6 Oktober 2021, Tim yang terdiri dari unsur Dinas PUPKP, Bagian Tata Pemerintahan Kab.Kulon Progo, BKAD Kab. Kulon Progo, BKAD Prov. DIY beserta Biro Tata Pemerintahan DIY melaksanakan tinjauan lapangan ke beberapa obyek BMD yang akan dilakukan serah terima dari Pemda Kab. Kulon Progo ke Pemprov. DIY dengan mengacu pada Kartu Inventaris Barang (KIB) yang telah disepakati. Tinjauan lapangan ini bertujuan untuk mengecek secara langsung kondisi fisik infrastruktur BMD yang akan diserahterimakan.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Pelabuhan Tanjung Adikarto di Jl. Glagah Kapanewon Temon. Di lokasi ini terdapat beberapa asset BMD yang meliputi tanah, bangunan dan bangunan pelengkap lainnya yang rencananya akan diserahterimakan dengan tahun perolehan antara tahun 2006 sampai dengan 2016.

Lokasi selanjutnya adalah di tanah-tanah yg rencananya akan dibangun ruas Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS). Beberapa titik lokasi di ruas JJLS yang ditinjau langsung meliputi ruas Jl. Pasar Bendungan – Pleret, Jl. Cangakan – Ngeremang, Jl. Pleret – Trowongan – Bojong, Daendels – Kalisen, Siliran – Wahyuharjo, dan JLP 2 Daendels – Kalisen.

Hasil dari tinjauan langsung di lapangan ini  nantinya akan menjadi dasar untuk dituangkan dalam Berita Acara Serah Terima Barang Milik Daerah dari Pemda Kab. Kulon Progo kepada Pemda DIY. (BM)