MENGUKUR KINERJA “OPD” DAN KINERJA PEGAWAI

MENGUKUR KINERJA “OPD” DAN KINERJA PEGAWAI

Langgeng Raharjo *)

 

 

  1. KINERJA “OPD”

 

Sebuah organisasi dibentuk untuk suatu tujuan tertentu. Dalam prakteknya sebuah organisasi biasanya menetapkan target tujuan yang akan dicapai untuk jangka waktu tertentu. Target ini berupa suatu keluaran tertentu, bisa berupa terwujudnya suatu barang tertentu dengan kuantitas dan kualitas yang ditentukan, bisa juga target tersebut adalah terwujudnya suatu situasi yang diinginkan yang lebih baik dari yang sudah ada, bisa juga berupa suatu jasa layanan yang lebih baik. Tingkat pencapaian target organisasi ini lebih sering disebut  dengan kinerja. Untuk mencapai target yang maksimal maka kinerja ini perlu dilakukan penilaian atau evaluasi secara periodik sebelum berakhir jangka waktu yang telah ditetapkan. Selanjutnya https://dpu.kulonprogokab.go.id/files/file_uploads/904d7bcf18d2ddcec7435939f947877f.pdf