Sertifikasi Tanah Jalan Kabupaten Kulon Progo

Kulon Progo - Dalam rangka mewujudkan tertib pengelolaan BMD  terutama dalam hal legalitas kepemilikan BMD, maka dilaksanakan proses pensertifikatan tanah untuk jalan  yang secara bertahap akan diselesaikan  oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Proses pensertifikatan tanah jalan pada tahun 2021 ini sepanjang 6,55 Km dilaksanakan di Kapanewon Nanggulan untuk ruas –ruas jalan berikut.

Nama Ruas Jalan

Panjang (Km)

Puskemas Janti - Plugon

3,3

Dengok - Janti

1,75

Banyumeneng Kidul - Banyuroto

1,5

 

Proses sertifikasi tanah jalan telah diatur dalam Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor 202/ A / 2021 tentang Standar Operasional dan Prosedur Penyelesaian Legalitas Tanah Untuk Jalan Milik Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Pada awal September 2021 proses sertifikasi tanah jalan dimulai dengan sosialisasi kepada warga di sekitar ruas jalan tersebut yang bertempat di balai desa Wijimulyo, balai desa Banyuroto, dan Tanjung Harjo. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak terkait, terutama warga masyarakat yang berbatasan langsung dengan jalan kabupaten.

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan permukiman Kabupaten kulon Progo dibantu konsultan Cv. Hycon Andrameda  telah melaksanakan pengukuran bidang bidang jalan tersebut mulai tanggal 14/09/2021 – 25/09/2021 yang disaksikan Perangkat Kalurahan, dukuh setempat, dan warga sekitar. Proses Selanjutnya adalah pengumpulan dokumen – dokumen untuk pendaftaran sertifikasi tanah jalan ke Badan Pertanahan Nasional kabupaten Kulon progo. (BM)