SIDANG KE-4 KOMISI IRIGASI DIY

Hari Kamis, 23 September 2021 telah diadakan Sidang ke-4 Komisi Irigasi DIY Tahun Anggaran 2021  dengan tema "Kaderisasi Petani Menuju Regenerasi P3A". Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dihadiri oleh Anggota dan Sekretariat Komisi Irigasi para tamu undangan salah satu nya Bidang SDA DPUPKP Kulon Progo.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Mars Pemda DIY, lalu dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ketua Komisi Irigasi yaitu perwakilan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Pemda DIY lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi dan testimoni dari perwakilan petani.

Materi disampaikan oleh Perwakilan Anggota DPRD Komisi C, Ir. Purwanto, menyampaiakan bahwa pemerintah harus selalu mengapresiasi dan mendukung pertanian di DIY, sala satunya dengan memberikan tambahan suntikan dana yang mendatangkan angin segar bagi para petani. Rencanyana pada tahun mendatang para petani akan di anggarkan dana kurang lebih 100 Milyar yang diambil dari dana istimewa karena irigasi merupakan salah satu keistimewaan dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Materi selanjutnya adalah Peningkatan Pemuda di Bidang Pertanian, disampaikan bahwa regenerasi pemuda dibidang pertanian khususnya di Organisasi P3A sangat dibutuhkan agar pertanian Indonesia semakin maju, dan kita harus dapat merubah pola pikir para pemuda yang merantau menjadi buruh di kota lain dibandingkan menjadi petani di desa sendiri. Para pemuda harus bangkit karena pertanian semakin maju baik dari segi alat maupun organisasinya. 

Sidang dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dari masing-masing peserta. Salah satu peserta yang merupakan petani di daerah Sleman mengatakan para pemuda harus menjemput bola dan berperan aktif agar dapat diikutsertakan dalam organisasi P3A. Akhir acara semua stakeholder baik dari pemuda maupun petani serta pemerintah harus sama-sama bekerja sama agar pertanian dapat maju dan lebi baik lagi. W-SDA.