DPUPKP BERTAMBAH 35 M PADA PERUBAHAN APBD 2021

DPUPKP BERTAMBAH 35 M PADA PERUBAHAN APBD 2021

 

Rancangan perubahan APBD Kabupaten Kulon Progo tahun 2021 telah disetujui bersama antara Bupati dan DPRD dalam rapat paripurna DPRD pada hari Kamis tanggal 16 September 2021 yang lalu. Secara keseluruhan anggaran belanja perubahan APBD tahun 2021 tersebut bertambah Rp 35.829.344.787 yang semula Rp 137.934.780.002 menjadi Rp. 173.764.124.789.  Pertambahan perubahan APBD tersebut yang digunakan untuk belanja infrastruktur dan belanja pendukung lainnya.

Dengan bertambahnya kegiatan tersebut, dan pada tahun ini merupakan pertambahan yang paling banyak pada beberapa tahun terakhir ini, maka DPUPKP diharapkan mampu menyiapkan strategi pelaksanaan sehingga pekerjaan dapat selesai tepatwaktu di akhir tahun. Penyiapan strategi pelaksanaan ini sudah dilakukan sejakawal proses pembahasan perubahan APBD beberapa bulan yang lalu. Adapun strategi pelaksanaan itu antara lain adalah menyiapkan dokumen pengadaan dan juga proses pengadaan lebih dini. Ketika KUA-PPAS perubahan APBD ditetapkan maka untuk kegiatan-kegiatan yang sudah tercantum dalam KUA-PPAS tersebut dilakukan penyiapan dokumen pengadaannya. Kemudian ketika rancangan perubahan APBD telah disepakati bersama antara Bupati dan DPRD, maka segera dilakukan proses pengadaan jasa kontraktor konsultan. Selanjutnya ketika perubahan APBD ditetapkan pekerjaan sudah dapat dimulai (pengadaan jasa kontraktor/konsultan sudah selesai dan dilakukan penandatangan kontrak pelaksanaan pekerjaan).

Di sisi lain, selain pada bulan September ini DPUPKP konsentrasi untuk pelaksanaan perubahan APBD, masih harus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang ada di APBD murni. Berdasarkan evaluasi internal DPUPKP pada awal bulan September yang lalu memang masih  ada beberapa paket pekerjaan yang belum selesai. Pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai ini ini dijadwalkan akan segera selesai di akhir bulan September. Dengan demikian nantinya di bulan Oktober sampai Desember pelaksanaan untuk perubahan APBD.

 

(sekretariat)