Penanganan Masker Bekas

Dua tahun terakhir ini kita sudah sangat akrab dengan sebuah benda / barang yang selalu kita gunakan, yakni masker. Sifat dari masker yang selama ini kita kenal ada yang bersifat sekali pakai dan ada yang dapat digunakan secara berulang. Lalu setelah dipakai khususnya masker sekali pakai, sebenarnya langkah apa saja yang perlu kita ketahui dan kita lakukan. Berikut ini kami ringkas dengan mengambil dari berbagai sumber terhadap penanganan masker bekas.

Apa saja yang harus kita lakukan terhadap masker bekas sekali pakai yang sudah tidak digunakan?
1. Pertama, kita harus tahu dulu siapa pengguna masker tersebut. Apabila masker sekali pakai digunakan oleh orang sakit / pasien, baik sudah berstatus positif, masih PDP atau bahkan ODP maka masker tersebut dikategorikan sebagai limbah B3 infeksius/limbah medis, yang mana penanganannya sesuai dengan penanganan limbah B3. Jika pasien dirawat di fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas atau Rumah Sakit, tentunya pengelolaan masker bekas sudah terintegrasi dengan pengelolaan limbah rumah sakit lainnya sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan. Masker bekas sekali pakai tersebut dapat langsung dibuang ke tempat sampah dengan label infeksius.
2. Kedua, masker bekas pakai dari ODP ataupun PDP yang melakukan isolasi mandiri di rumah, sesuai dengan SE Menteri LHK, masker tersebut harus dipisahkan dari sampah rumah tangga lainnya, dikemas tersendiri menggunakan wadah/plastik yang tertutup rapat dan diberi label “Limbah Infeksius”. Tidak hanya masker, tapi sarung tangan dan baju pelindung diri juga harus dikelola dengan cara tersebut di atas. Untuk pengambilannya bisa berkoordinasi dengan petugas pelayanan kesehatan terdekat/sanitarian puskesmas yang terdekat.
3. Ketiga, masker bekas yang dipakai oleh orang sehat. Untuk mengurangi timbulan sampah, dihimbau agar masyarakat dapat beralih menggunakan masker kain yang dapat diguna ulang. Apabila terpaksa menggunakan masker sekali pakai, maka harus dilakukan pengelolaan yang baik untuk mencegah penyalahgunaan masker bekas. [palp]