STUDI BANDING DINAS PUPR BIDANG SDA KABUPATEN MAGETAN

 

Wates, 15/03/2019. Upaya Pemerintah untuk mensejahterakan rakyat, banyak dilakukan di berbagai bidang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan berupaya membantu para petani dalam memperlancar irigasi persawahan, Pada kesempatan kali ini Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan melakukan studi banding ke Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUP-KP) Kulon Progo. Rombongan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan yang dipimpin oleh Kepala Bidang SDA, Yuli K Iswahyudi, S.T. melakukan studi banding tentang pelaksanaan operasi, pemeliharaan, peningkatan dan perijinan jaringan irigasi di wilayah Kulon Progo. Menanggapi hal tersebut, Kabid SDA  DPUP-KP Hadi Priyanto,S.Si, M.T. didampingi Kasie Konservasi R. Kuntarso S.T. menyampaikan bahwa di Kulon Progo pengelolaan SDA terdapat 3 kewenangan yaitu:

1.    Daerah Irigasi ˃ 3000 Ha (pusat) yaitu Daerah Irigasi Kalibawang System. Luas 7152 Ha

2.    Daerah Irigasi 1000 Ha Ë‚ DI Ë‚ 3000 Ha (provinsi) yaitu Daerah Irigasi Sapon. Luas 1850 Ha

3.    Daerah Irigasi Ë‚ 1000 Ha (kabupaten) total  luas 1533 Ha menyebar di 92 lokasi

Pola dan tata tanam di wilayah Kulon Progo dibagi menjadi 2 golongan sesuai dengan PERBUP No.38 Tahun 2018 yaitu Golongan I dimulai pada 1 Agustus dan Golongan II dimulai pada 1 November sementara untuk Daerah Irigasi kecil menyesuaikan ketersediaan kondisi air. Tanpa memandang kewenangan pengelolaan daerah Irigasi Pemberdayaan P3A /GP3A dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten (Bidang SDA DPUPKP, DIPERTAPA, BAPPEDA).

Harapannya  dengan dilakukan studi banding ini Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan dapat menerapkan pelaksanaan operasi, pemeliharaan, peningkatan dan perijinan jaringan irigasi di wilayah Magetan dengan lebih baik dan  mewujudkan kemanfaatan air guna memenuhi kebutuhan pertanian.

Di akhir kunjungannya Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan di DPUPKP Kabupaten Kulon Progo memberikan cindera mata berupa replika lambang Kabupaten Magetan. (Ac)