Buku Saku Untuk Pembantu Bendahara Pengeluaran

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, pasal 1 ayat (2) menyebutkan bahwa

Pengelolaan keuangan adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah. “

Pengelolaan keuangan merupakan bagian dari instrument penilaian kinerja OPD. Pengelolaan keuangan yang tertib akan mendukung pelaksanaan pekerjaan yang lancar dan tepat sasaran. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo mempunyai fungsi penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah dan tugas pembantuan dibidang pekerjaan umum, perumahan dan Kawasan Permukiman.

Tuntutan penyelenggaraan infrastruktur yang tinggi diperlukan dukungan anggaran yang besar. Untuk mengelola anggaran yang besar itu, dibutuhkan bendahara pengeluaran dan Pembantu Bendahara Pengeluaran pengeluaran yang kompeten. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi Bendahara Pengeluaran dan Pembantu Bendahara Pengeluaran adalah dengan buku saku sebagai pedoman dalam melaksanakan penatausahaan keuangan.

Target utama sebagai pembaca dari buku ini merupakan para Pembantu Bendahara Pengeluaran yang  bertugas pada Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman. Selain itu, publikasi ini juga diharapkan dapat menjadi panduan bagi Pembantu Bendahara Pengeluaran dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. . Buku Saku ini disusun dengan mengacu kepada regulasi dan peraturan yaitu PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan dan turunannya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020

Untuk selanjutnya buku saku bendahara dapat didownload pada

Buku Saku Pembantu Bendahara Pegeluaran