PELAKSANAAN P3TGAI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2021

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi yang disingkat P3-TGAI adalah program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan Jaringan Irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air secara swakelola.

Jenis kegiatan pelaksanaan P3TGAI terdiri atas :

  1. Rehabilitasi Jaringan Irigasi
  2. Peningkatan Jaringan Irigasi
  3. Pembangunan Jaringan Irigasi

Selain kegiatan sebagaimana dimaksud, kegiatan P3TGAI juga dapat berupa kegiatan normalisasi Jaringan Irigasi atau pekerjaan tanah tanpa menggunakan alat berat. Pelaksanaan P3TGAI dilaksanakan pada :

  1. Jaringan Irigasi Tersier pada Daerah Irigasi kewenangan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota
  2. Jaringan Irigasi Desa

Dalam rangka mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawacita ketujuh. Pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi tersier/kecil secara partisipatif di wilayah pedesaan telah dilakukakan oleh BBWS Serayu Opak tahun anggaran 2021 di beberapa daerah, salah satunya adalah Kabupaten Kulon Progo.

Kabupaten Kulon Progo tahun 2021 mendapat 42 paket pekerjaan P3-TGAI yang terbagi menjadi 2 tahap. Tahap 1 terdiri dari 20 paket dan tahap 2 terdiri dari 22 paket pekerjaan. Tahap 1 meliputi :

  1. Desa Banaran
  2. Desa Kranggan
  3. Desa Krembangan
  4. Desa Bugel
  5. Desa Depok
  6. Desa Tayuban
  7. Desa Giripeni
  8. Desa Bendungan
  9. Desa Ngestiharjo
  10. Desa Panjatan
  11. Desa Bojong
  12. Desa Kulwaru
  13. Desa Sogan
  14. Desa Plumbon
  15. Desa Kedundang
  16. Desa Jatisarono
  17. Desa Pendoworejo
  18. Desa Sukoreno
  19. Desa Srikayangan
  20. Desa Sindutan

Tahap 2 meliputi :

  1. Desa Tirtorahayu
  2. Desa Tuksono
  3. Desa Karangsari
  4. Desa Gerbosari
  5. Desa Bumirejo
  6. Desa Brosot
  7. Desa Jatirejo
  8. Desa Nomporejo
  9. Desa Sendangsari
  10. Desa Donomulyo
  11. Desa Salamrejo
  12. Desa Demangrejo
  13. Desa Temon Wetan
  14. Desa Temon Kulon
  15. Desa Kedundang
  16. Desa Kulur
  17. Desa Karangwuluh
  18. Desa Kebonrejo
  19. Desa Janten
  20. Desa Giripurwo
  21. Desa Jatimulyo
  22. Desa Hargomulyo

Pelaksanaan sosialisai P3TGAI wilayah Ngestiharjo

 

P3A Sasana Karya, Kedundang, Temon (Tahap 1)

 

P3A Sumber Hidup, Temon Wetan (Tahap 2)

 

P3A Tirtomulyo, Hargumulyo, Kokap (Tahap 2)

 

P3A Tirtoaji, Kulur, Temon (Tahap 2)

Kegiatan paket pekerjaan tahap 1 berlangsung selama 120 kalender, dimulai tanggal 12 April 2021 dan tahap 2 dimulai tanggal 26 Juli 2021 dengan waktu 120 hari kalender. Kegiatan P3-TGAI ini menggunakan metode swakelola P3A dengan biaya pelaksanaan dari BBWS serayu Opak langsung ditransfer ke rekening P3A. Masing-masing P3A mendapat kurang lebih 195 juta. Selama kegiatan P3-TGAI berlangsung, didampingi oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI dari BBWS Serayu Opak. Bentuk konstruksi dari kegiatan ini berupa beton cyclop.

 

Contoh konsruksi beton cyclop

Tujuan utama kegiatan P3-TGAI adalah pemberdayaan P3A, meningkatkan kinerja jaringan irigasi tersier di wilayah desa setempat, serta salah satu bentuk padat karya akibat dampak COVID-19 karena mempu menyerap tenaga kerja dari daerah setempat. P3TGAI diharapkan dapat disinkronkan dengan rencana pengembangan masterplan desa. Masterplan ini nantinya pun perlu dievaluasi sehingga pengembangan desa dapat maksimal. (ra-sda)

 

Sumber : Permen PUPR No 4 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi