Armada Pengangkut Sampah TA 2021

Dalam upaya meningkatkan kinerja pengelolaan sampah sesuai amanat Peraturan Bupati Nomor 68 tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Daerah Dalam Rangka Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstrada) Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melakukan berbagai upaya. Upaya tersebut antara lain dengan melakukan penambahan sarana dan prasarana pendukung pengelolaan sampah di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Dalam rangka untuk mendukung penanganan sampah di wilayah kabupaten Kulon Progo, khususnya di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Banyuroto  Banyuroto, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menyerahkan 2 (dua) Unit Armroll Truck dan 3 (tiga) unit Dump Truck kepada Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Kulon Progo sebagai tambahan armada dalam rangka pengangkutan sampah. Penyerahan armada tersebut diselenggarakan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo pada hari Selasa tanggal 3 Agustus 2021. Mengingat masih masa pandemi dan masih diberlakukan PPKM maka acara tersebut disenggarakan dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan secara ketat, guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Pengadaan armada tersebut dilaksanakan di tahun anggaran 2021 ini didukung dana APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dalam sambutannya, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menyampaikan bahwa Kulon Progo optimis bebas sampah tahun 2025. Namun demikian, hal itu dapat tercapai apabila seluruh kemampuan didayagunakan sebaik-baiknya agar mampu mengelola sampah  secara maksimal.

Dengan segala daya upaya dan semangat serta tekad yang kuat, dan kerjasama dengan semua pihak terkait dan semua lapisan masyarakat semoga target tersebut dapat tercapai. [palp]