Kunjungan Lapangan Pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan Oprit Jembatan Sepuri

Pada Selasa 27 Juli 2021, PPK berserta Direksi Teknis Kegiatan Pembangunan Jembatan Sepuri melakukan pra PHO untuk Pekerjaan Pembangunan Oprit Jembatan dikarenakan secara fisik di lapangan pekerjaan sudah memenuhi progress yang direncanakan.

Apa itu PHO? Provisional Hand Over (PHO) atau Serah Terima Sementara Pekerjaan adalah suatu kegiatan serah terima seluruh pekerjaan yang dilakukan secara resmi dari penyedia jasa kepada direksi pekerjaan setelah diteliti terlebih dahulu. Proses selanjtnya setelah dilakukan PHO adalah FHO.

Final Hand Over (FHO) atau Serah Terima Akhir Pekerjaan adalah suatu kegiatan serah terima akhir pekerjaan yang dilakukan secara resmi dari penyedia jasa kepada direksi pekerjaan setelah penyedia jasa menyelesaikan semua kewajibannya selama masa pemeliharan.

PHO dan FHO hanya terdapat pada pekerjaan jasa konstruksi, sedangkan untuk pengadaaan barang hanya dikenal dengan istilah serah terima pertama atau penyerahan pertama. Dilakukannya tahapan pelaksanaan PHO dan FHO bertujuan untuk Quality Control dan Quality Assurance/QA-QC dari manajemen mutu pekerjaan konstruksi.

Mengapa perlu dilakukan pra-PHO? Pada pra PHO ini dilakukan penetian dan opname atas pekerjaan-pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan dokumen perencanaan teknis yang telah disusun sebelumnya. Tujuan dari pra PHO ini adalah sebagai sarana monitoring dan evaluasi hasil dari pelaksanaan pekerjaan konstruksi sebelum nantinya akan dituangkan dalam Berita Acara PHO sebagai syarat FHO.

Kontraktor pelaksana wajib memenuhi dan memperbaiki segala bentuk kekurangan dan kerusakan pekerjaan sebelum pekerjaan sepenuhnya diserahkan kepada PPK serta menjamin hasil pekerjaan tetap dalam konsisi baik dan sesuai spesifikasi sampai dengan masa pemeliharaan pekerjaan berakhir sesuai dengan yang tertuang dalam kontrak yang menjadi dasar penandatanganan Berita Acara FHO. Hal ini dimaksudkan agar menghasilkan pekerjaan dengan kualitas yang baik dan dapat bermanfaat untuk masyarakat.