DATA TEKNIS JALAN DAERAH KULON PROGO TERVERIFIKASI, USULAN DAK TA 2022 MULAI DIPERSIAPKAN

TANGERANG – Hari Senin-Selasa tanggal 24-25 Mei 2021, Kabupaten Kulon Progo bersama dengan 39 Daerah lainnya menghadiri acara Verifikasi Data Teknis Jalan Daerah Tahun 2021 Tahap 3 - Gelombang 1 yang diselenggarakan oleh Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah (PFID) – KemenPUPR di Hotel Novotel Tangerang. Tujuan diselenggarakan acara ini adalah Percepatan proses penyelesaian Verifikasi Data Teknis Jalan Daerah Tahun 2021 yang mana merupakan salah satu syarat pengusulan DAK Fisik Bidang Jalan T.A. 2022.

Adapun ketentuan verifikasi data kondisi TA 2021 yakni sebagai berikut

  1. Jadwal verifikasi data teknis sesuai undangan
  2. Kesempatan verifikasi adalah 3 kali
  3. Permintaan revisi dari daerah hanya dapat dilaksanakan saat acara verifikasi data kondisi
  4. Verifikasi data kondisi jalan terdiri dari
  • Kesesuaian data kondisi dengan tipe permukaan
  • Kesesuaian antara data survei lapangan, foto dokumentasi, data pengolahan, dan data input SIPDJD
  1. Daerah yang melakukan verifikasi data teknis adalah daerah yang sudah submit lembar control dan melakukan registrasi. Sesi acara verifikasi wajib diikuti dan dihadiri oleh pejabat struktural daerah terundang.
  2. Seluruh daerah wajib mengikuti acara dengan tertib terutama dalam menaati batasan waktu pengiriman data dan verifikasi yang terbatas
  3. Daerah mempersiapkan data penanganan pada tahun 2020 (untuk semua jenis penanganan dan anggaran)
  4. Sesi acara verifikasi data teknis dilakukan menggunakan media daring (zoom meeting)

Meskipun para peserta verifikasi dan verifikator berkumpul dalam satu ruangan yang sama, verifikasi data teknis dilaksanakan via zoom meeting dan ditampilkan dengan layar presentasi sehingga dapat disaksikan oleh seluruh peserta dan verifikator yang ada di dalam ruangan. Hal ini dilakukan sebagai langkah nyata dalam penerapan protokol Kesehatan di era pandemi Covid-19.

Data Teknis Jalan Daerah Kulon Progo berhasil terverifikasi pada hari kedua yakni Hari Selasa tanggal 25 Mei 2021. Selanjutnya sesuai dengan arahan kebijakan DAK TA 2022, usulan DAK Fisik oleh Pemda dijadwalkan pada 21 Mei – 21 Juni 2021 sehingga usulan ruas-ruas Jalan yang akan ditangani menggunakan DAK mulai dipersiapkan dan direncanakan dengan sebaik-baiknya.

(BM)