KEBIJAKAN DAK FISIK BIDANG JALAN TAHUN 2022

Sesuai dengan arah kebijakan DAK  Tahun 2022 yang disosialisasikan pada tanggal 19 Mei 2021, Salah satu strategi Pembangunan RKP Tahun 2022 adalah meningkatkan pemerataan infrastruktur. Jalan sebagai salah satu infrastruktur memiliki peran penting dalam aksesibilitas dan konektivitas antara Kawasan satu dengan kawasan lainnya. Kemudahan aksesibilitas dan konektivitas yang diberikan oleh jalan akan berdampak pada sektor-sektor penting yang  telah disebutkan dalam arah kebijakan DAK Tahun 2022 seperti Daya Tarik Wisata(DTW), Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM), Paasar Tematik, PLUT/UMKM, Pusat Kota, Pengolahan Sampah, dsb. Berikut contoh aksesibilitas dan konektivitas jalan dalam perencanaan dan penganggaran yang terpadu untuk Major Project 10 DPP (DAK Penugasan Tematik 1).

Major Project

Arah Kebijakan DAK Fisik Tahun 2022 yakni

  1. Mempertajam fokus kegiatan DAK sehingga berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi sebagai respon dampak pandemic Covid-19
  2. Meningkatkan pemerataan layanan dan infrastruktur dasar di daerah
  3. Mendukung pencapaian nasional melalui DAK berbasis tematik(khususnya pariwisata dan IKM; Food Estate dan Sentra Produksi Pangan; dan Konektivitas Kawasan Pembangunan Inklusif)
  4. Refokusing menu pada kegiatan bernilai signifikan serta menuntaskan hambatan pelaksanaan di daerah
  5. Mempertajam penetuan lokasi prioritas berbasis sectoral dan regional
  6. Memperkuat integrasi pemanfaatan DAK Fisik dengan kegiatan yang didukung oleh sumber pendanaan lainnya.

(BM)