PELATIHAN PEMASANGAN TANGKI SEPTIK PABRIKASI KEPADA MASYARAKAT PENERIMA HIBAH ALS

Pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2021 telah dilaksanakan pelatihan pemasangan tangki septik pabrikasi kepada masyarakat penerima bantuan program Hibah Air Limbah Setempat. Pelatihan dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman bersama Tenaga Fasilitator Lapangan Program Hibah Air Limbah Setempat Tahun Anggaran 2021 Kabupaten Kulon Progo kepada Kelompok Swadaya Masyarakat di Kalurahan Karangsari Kapanewon Pengasih, Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih, Kalurahan Margosari Kapanewon Pengasih dan Kalurahan Tuksono Kapanewon Sentolo. Selain itu juga dihadirkan narasumber pada pelatihan ini yaitu dari supplier tangki septik pabrikasi yang menjelaskan spesifikasi, prosedur pemasangan dan perawatan tangki septik pabrikasi.

Dokumentasi 1. Penjelasan tentang tangki septik pabrikasi

Pelatihan dilaksanakan sebanyak dua sesi yaitu sesi pertama dilaksanakan di Kalurahan Karangsari pada pukul 10.00-12.00 WIB diikuti oleh perwakilan masyarakat dari Kalurahan Karangsari dengan Kalurahan Sendangsari dan sesi kedua dilaksanakan di Kalurahan Tuksono pada pukul 13.00-15.00 WIB diikuti oleh perwakilan masyarakat dari Kalurahan Tuksono dan Kalurahan Margosari.  Adapun lokasi pelatihan dipilih pada salah satu rumah masyarakat penerima bantuan di kalurahan tersebut, agar praktek pemasangan tangki septik dapat langung dilaksanakan pada area yang direncanakan akan dibangun. Harapannya agar masyarakat dapat lebih mudah memahami prosedur dan tata cara pemasangan tangki septik pabrikasi. Pemilihan tangki septik individual pabrikasi pada disebabkan karena adanya pertimbangan ramah lingkungan, sudah sesuai standar SNI, serta proses pemasangan dan perawatan yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat.

Dokumentasi 2. Praktek pemasangan tangki septik pabrikasi

Masyarakat nampak supportif, antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan. Kegiatan Hibah Air Limbah Setempat ini dilaksanakan secara swakelola oleh masyarakat, sehingga masyarakat terlibat langsung mulai dari perencanaan hingga konstruksi dalam kegiatan ini.  Saat ini proses pekerjaan dalam Kegiatan Hibah Air Limbah Setempat yaitu pada awal kostruksi, sehingga masyarakat sudah mulai melaksanakan kegiatan galian di lokasi sasaran masing-masing.

Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan Hibah Air Limbah Setempat pada 207 rumah di Kalurahan Karangsari, Kalurahan Sendangsari, Kalurahan Tuksono dan Kalurahan Margosari. Melihat antusiasme masyarakat semoga program ini dapat berjalan dengan lancar sebagai upaya peningkatan akses sanitasi layak dan aman di Kabupaten Kulon Progo.