SOSIALISASI PERENCANAAN PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN FLY OVER TRIHARJO

KULON PROGO –Sosialisasi perencanaan pengadaan tanah untuk pembangunan Fly Over Triharjo telah dilaksanakan di Kalurahan Karangsari pada hari Jum’at (19/03/2021) dan di Kalurahan Triharjo serta Kelurahan Wates pada hari Kamis (25/03/2021). Sosialisasi tersebut dihadiri oleh DPUP-KP Kab. Kulon Progo, Bappeda Kulon Progo, DPTR Kulon Progo, BPN Kulon Progo, CV. Arsita Kencana selaku Konsultan Perencana, Kapanewon Pengasih, Kapanewon Wates, Kalurahan Triharjo, Kalurahan Triharjo, Kelurahan Wates, dan Warga terdampak.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait, terutama kepada warga masyarakat yang terdampak. Masyarakat mendukung kegiatan tersebut karena akan meningkatkan aksesibilitas dari dua objek vital yang ada di Kulon Progo yaitu Bandara Internasional Yogyakarta dan RSUD Wates yang saat ini telah bertaraf internasional.

Perencanaan pengadaan tanah untuk pembangunan Fly Over Triharjo tersebut memerlukan luasan sekitar 16.600m2 untuk trase jalan sepanjang 1.956m dimulai dari Jalan Nasional (Perempatan Tambak) sampai pertigaan barat RSUD Wates yang nantinya didesain dengan bundaran. Flyover terdiri dari 4 bentang 40m dengan 3 balok U girder dengan tinggi jembatan di atas rel kereta api 6,5m. Oprit jembatan bagian awal sepanjang 145,2m mulai sta 0+425 dan bagian akhir akhir sepanjang 119,34m sampai sta 0+875. Setelah kegiatan sosialisasi ini selanjutnya akan dilakukan pematokan sementara yang disaksikan oleh warga terdampak. (BM)