PEMERIKSAAN PRODUK ASPAL PERTAMINA TAHUN ANGGARAN 2021

KULON PROGO -  Pada Hari Kamis (4/2), DPUP-KP bersama dengan perwakilan CV. PUTRA TUNGGAL TRANS selaku penyedia aspal melakukan pemeriksaan produk aspal Pertamina yang dikemas dalam drum. Produk Aspal Pertamina merupakan Aspal AC penetrasi 60/70 dalam kemasan drum dengan berat bersih 155 kg per drum. Adapun pemeriksaan produk aspal meliputi penimbangan dan uji kualitas/propertis aspal.

Penimbangan drum aspal dilaksanakan terhadap 3 (tiga) drum aspal yang diambil secara acak dari setiap 50 drum. Produk aspal yang dipesan oleh DPUP-KP sebanyak 800 drum sehingga sampel yang ditimbang sebayak 48 drum dengan berat kotor minimal 164,0 kg (asumsi berat drum kosong 9 kg). Hasil penimbangan didapat rata-rata berat drum aspal 165,2 kg.

Selanjutnya uji kualitas/propertis aspal dilaksanakan di laboratorium yang telah terakreditasi. Adapun Uji kualitas/propertis aspal meliputi

  1. Kelekatan Agregat Terhadap Aspal
  2. Titik Nyala dan Titik Bakar
  3. Penetrasi Bahan Aspal
  4. Kehilangan Berat Minyak dan Aspal
  5. Berat Jenis Aspal Padat
  6. Daktalitas
  7. Titik Lembek
  8. Penetrasi Aspal Setelah Kehilangan Berat
  9. Viskositas

Setelah pemeriksaan Aspal AC penetrasi 60/70 selesai dilaksanakan, maka  bahan aspal siap digunakan untuk pelaksanaan Sub Kegiatan Pemeliharaan Rutin Jalan.

(BM)