PSU Relokasi Kebonrejo

Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) merupakan kelengkapan fisik untuk mendukung terwujudnya perumahan yang sehat, aman dan terjangkau. Dengan demikian ketersediaan prasarana, sarana, dan utilitas umum merupakan kelengkapan dan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan perumahan dan kawasan permukiman.

Mengacu Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 38/PRT/M/2015 tentang Pedoman Bantuan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum Untuk Perumahan Umum, dalam Pasal 1, Ketentuan Umum, dinyatakan bahwa :

Bantuan prasarana, sarana, dan utilitas umum untuk perumahan umum yang selanjutnya disebut Bantuan PSU adalah pemberian komponen PSU bagi perumahan yang membangun rumah umum berupa rumah tunggal, rumah deret, dan rumah susun yang bersifat stimulan di lokasi perumahan yang dibangun oleh pelaku pembangunan, dimana jenis komponen PSU akan diatur dalam Keputusan Menteri.

Dalam penjelasan UU Nomor 1 Tahun 2011 Pasal 28 ayat (1) huruf b. tercantum :

Yang dimaksud dengan “rencana kelengkapan prasarana” paling sedikit meliputi jalan, drainase, sanitasi, dan air minum. Yang dimaksud dengan “rencana kelengkapan sarana” paling sedikit meliputi rumah ibadah dan ruang terbuka hijau (RTH). Yang dimaksud dengan “rencana kelengkapan utilitas umum” paling sedikit meliputi, jaringan listrik termasuk KWH meter dan jaringan telepon.

Kawasan perumahan relokasi wilayah terdampak infrastruktur bandara di Kebonrejo merupakan salah satu wilayah dengan ketersediaan PSU yang cukup lengkap. Selain itu, kawasan ini pada tahun 2020, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan TA 2020, wilayah perumahan relokasi di Kebonrejo mendapatkan bantuan PSU berupa pembangunan infrastruktur jalan lingkungan, drainase, tempat sampah, serta talud dan pagar senilai Rp. 989.000.000,00; Penerangan Jalan Umum (PJU) senilai Rp. 351.000.000,00; serta bantuan PSU berupa septik tank komunal yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp. 249.953.000,00. Pada kawasan Relokasi Kebonrejo ini menjadi kawasan perumahan dengan PSU yang cukup lengkap, meliputi :

1. Prasarana, meliputi : jalan lingkungan, drainase, sanitasi

2. Sarana, meliputi : musholla, PAUD, dan RTH

3. Utilitas Umum, meliputi : Penerangan Jalan Umum (PJU)

sumber : _Perkim_