DINAS PUPKP MENGHADIRI UNDANGAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN ( MUSRENBANG ) KAPANEWON KOKAP

MUSRENBANG Kapanewon Kokap diadakan pada Hari Rabu tanggal 17 Februari 2021. Dinas Pekerjaaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo Menghadiri undangan musyawarah perencanaan pembangunan (MUSRENBANG) Kapanewon Kokap. Dinas PUPKP merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah mempunyai fungsi penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah dan tugas pembantuan dibidang pekerjaan umum dan kawasan permukiman. Kapanewon Kokap terdiri atas 5 Kalurahan yaitu kalurahan Hargorejo, Kalurahan Hargomulyo, Kalurahan Hargotirto, Kalurahan Hargowilis, dan Kalurahan Kalirejo. MUSRENBANG Kapanewon Kokap dihadiri pula oleh Dinas Pertanian dan tanaman pangan, Dinas Kelautan dan Peternakan dan Dinas yang lain.

MUSRENBANG Kapanewon merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Kalurahan yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah Kapanewon, yang dikoordinasikan oleh Bappeda dan dilaksanakan oleh Camat. Musrenbang Kapanewon diselenggarakan untuk 1). Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan, 2) pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kapanewon yang bersangkutan. 3) Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kapanewon yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan kelurahan. 4) Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kapanewon berdasarkan tugas dan fungsi SKPD kabupaten.

Hasil dari Musrenbang Tingkat Kapanewon, yaitu 1) Hasil evaluasi pembangunan yang sudah dilaksanakan padatahun anggaran sebelumnya, 2) Rancangan awal rencana kerja Kapanewon,3) Daftar prioritas program dan kegiatan pembangunan di wilayah Kapanewon menurut SKPD atau gabungan SKPD yang akan disampaikan pada Musrenbang Kabupaten. Selanjutnya,daftar tersebut diinformasikan kepada masyarakat di masingmasing Kalurahan oleh para delegasi yang mengikutiMusrenbang Kapanewon berdasarkan Hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) Tingkat Kalurahan. 4) Laporan hasil musrenbang tingkat kalurahan menurut urutan prioritas yang disepakati pada musrenbang tingkat kalurahan, dan dikelompokkan menurut SKPD. Dokumen prioritas Usulan kegiatan pembangunan hasil pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) Tingkat Kapanewon dilanjutkan sebagai bahan pembahasan pada Musrenbang Tingkat Kabupaten.