DPUPKP MEMASTIKAN PEKERJAAN FISIK KONSTRUKSI SEGERA BERJALAN

DPUPKP MEMASTIKAN PEKERJAAN FISIK KONSTRUKSI SEGERA BERJALAN

 

          Sektor konstruksi diharapkan mampu memulihkan perekonomian akibat dari pandemic covid 19. Oleh karena itu walaupun saat ini diberlakukan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PSTKM) di wilayah Jawa-Bali namun sector konstruksi masih diperbolehkan beroperasi 100% dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

           Terkait hal tersebut DPUPKP memastikan pekerjaan fisik konstruksi segera berjalan. Hal ini dipastikan dengan akan segera ditandatanganinya kontrak beberapa paket pekerjaan fisik antara DPUPKP dengan pihak kontraktor, Senin 8 Pebruari 2021. Paket-paket pekerjaan tersebut, antara lain: pekerjaan jalan Kembang Margosari-Kepek, pekerjaan jalan Sudu-Giripurwo, pekerjaan jalan Dudukan-Ngentakrejo, dan pekerjaan jalan Serang-Kepek. Selain beberapa paket pekerjaan tersebut beberapa hari yang lalu juga telah ditandatangani kontrak pengadaan aspal yang akan dipergunakan untuk pemeliharaan rutin jalan. Untuk pengadaan aspal ini, saat ini sudah proses pengiriman ke gudang DPUPKP dan selanjutnya akan segera dilakukan pengerjaan pemeliharaan rutin jalan yang saat musim hujan ini menunjukkan banyak ruas jalan yang rusak/berlobang.

    Selain paket-paket pekerjaan jalan tersebut, saat ini juga sedang proses pelelangan/pengadaan jasa kontraktot untuk pekerjaan-pekerjaan yang lain. Untuk pekerjaan-pekerjaan yang sedang proses pelelangan ini sesuai jadwal akan selesai di bulan Pebruari ini dan nantinya akan dilanjutkan penandatanganan kontrak dengan kontraktor diperkirakan di bulan Maret 2021. Pekerjaan jalan dan jembatan yang sedang proses lelang, antara lain: pekerjaan jalan Mlangsen-Pripih, pembangunan jalan Bancik-Kalisono, pembangunan jalan Kemiri III (tahap II), pekerjaan jalan Clereng-Ps.Cublak, pekerjaan jalan Diran-Sp.Karangasem, pekerjaan jalan Purwosari-Tlogosari, pembangunan jembatan Sepuri, dan rehabilitasi jembatan Grindang I. Di bidang sumber daya air, paket pekerjaan yang sedang dalam proses pelelangan, antara lain: pembangunan jaringan irigasi Kamal, dan pembangunan drainase anak Kali Pening. Sedangkan di bidang cipta karya, antara lain meliputi: rehabiitasi Masjid Agung Wates, pembangunan gedung kantor Kelurahan Wates (tahap II), rehabilitasi gedung kantor Kapanewon Lendah, rehabilitasi gedung kantor Kapanewon Nanggulan, rehabilitasi gedung kantor Kapanewon Kokap, dan pembangunan pagar rumah susun Triharjo.

           Proses pelaksanaan pekerjaan konstruksi pada tahun ini memang lebih cepat dibanding pelaksanaan pada tahun-tahun yang lalu, bahkan beberapa paket pekerjaan ini proses pelelangannya sudah dimulai pada bulan Desember 2020 yang lalu. Hal ini sesuai dengan arahan Bapak Bupati pada saat evaluasi pelaksanaan pekerjaan tahun 2020 yang mengamanatkan agar pekerjaan fisik konstruksi dapat dipercepat. (Lg)