PEMELIHARAAN ALAT BERAT

PEMELIHARAAN ALAT BERAT

DI UPT LABORATORIUM KONSTRUKSI DAN PERALATAN

 

UPT Laboratorium Kondtruksi dan Peralatan telah melaksanakan pemeliharaan alat berat pada bulan Januari 2021 ini. Pemeliharaan alat berat dilakukan untuk persiapan pelaksanaan pekerjaan jalan yang ada di Kabupaten Kulon Progo maupun di Kabupaten yang lain. Selain untuk persiapan tersebut pemeliharaan alat berat dilaksanakan untuk antisipasi keadaan darurat seperti bencana longsor ataupun bencana lainnya.

Pemeliharaan alat berat dapat berupa service ringan sampai dengan service berat.Jika pemeliharaan alat berat pada tahap service ringan dilakukan dengan baik, maka kerusakan alat berat tidak sampai lebih parah lagi.

Gambar.1. Pelaksanaan Service Rutin Stoom Walls

 

Penggantian suku cadang yang sudah mengalami keausan segera diganti, agar tidak menjalar ke suku cadang yang lain.Pelumasan di lakukan secara rutin, accu di periksa juga secara rutin, filter udara, filter bahan bakar juga dibersihkan secara rutin bila perlu diganti jika sudah tidak berfungsi dengan baik.Jadi semua alat berat seperti stoom walls 6-8 ton, stoom walls 2,5 ton, backhoe loader diperiksa lebih seksama mana yang harus dibersihkan, diperbaiki maupun yang diganti suku cadangnya.

Dengan pelaksanaan pemeliharaan alat berat di harapkan alat berat dapat siap digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.