KONSULTASI PROGRAM DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) FISIK BIDANG JALAN TA. 2021

KULON PROGO – Senin (9/11), Pemerintah Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman mengikuti agenda dari Kementerian Pekerjaaan Umum  dan Perumahan Rakyat, Sekretariat Jenderal, Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah yang bertajuk “Konsultasi Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Jalan T.A. 2021.” Kegiatan konsultasi bertempat di ruang kerja Bidang Bina Marga dengan media Video Conference melalui Aplikasi Zoom Meeting.

Program Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diverifikasi ada dua jenis yakni DAK Reguler dan Penugasan. Pada acara ini OPD Bersama dengan Bappenas membahas usulan prioritas DAK Penugasan. Adapun kegiatan verifikasi dilaksanakan secara berjenjang dengan jumlah verifikator sebanyak 3 tim.

Tim verifikator melaksanakan verifikasi dokumen teknis yang telah disiapkan oleh OPD. Dokumen teknis yang disiapkan yakni

  1. Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Usulan DAK
  2. Typical Cross Section Penanganan Jalan
  3. Data Pendukung seperti foto dokumentasi kerusakan, data kesiapan lahan dimana perkerasan selebar minimal 5,5 meter dsb.

Adapun Hal teknis yang dibahas pada verifikasi kali ini meliputi rencana tipe dan ketebalan perkerasan, saluran drainase jalan, marka jalan, dan bangunan pelengkap jalan.

Pada Kegiatan verifikasi kali ini, usulan Program DAK dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dinyatakan lengkap dan sesuai dengan persyaratan dari dari tim verifikator. Adapun usulan ruas jalan yang telah diverifikasi dan mendapat anggaran DAK TA 2021 yakni sebagai berikut:

  1. DAK Reguler
  • Mlangsen - Pripih (2.200 meter)
  • Kembang, Margosari - Kepek (1.200 meter)
  • Serang - Kepek (800 meter)
  • Dudukan - Sp. Ngentakrejo (1.300 meter)
  1. DAK Penugasan
  • Sudu – Giripurwo (3.400 meter)