KUNJUNGAN KERJA KE BALAI PIALAM SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Pada tanggal 16 November 2020 Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo bersama sama dengan perwakilan warga desa Plumbon mengadakan kunjungan kerja sekaligus  untuk melihat secara langsung terhadap pengelolaan air limbah di Balai Pengelola Infrastruktur Air Limbah dan Air Minum Perkotaan (Balai Pialam) Sewon Kabupaten Bantul.

Balai Pengelola Infrastruktur Air Limbah dan Air Minum Perkotaan (Balai Pialam) Sewon Kabupaten Bantul merupakan instalasi pengolah air limbah yang terletak di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. Instansi tersebut melakukan pengelolaan limbah dengan sistem terpusat yaitu adanya pipa-pipa saluran air limbah yang mengalirkan air limbah yang berasal dari air buangan/limbah rumahtangga masyarakat yang tinggal di wilayah Kabupaten Sleman, Bantul, dan kota Yogyakarta, ke IPAL Sewon.

Seiring dengan fungsi keberadaannya maka Balai Pialam Sewon memiliki manfaat untuk melindungi perlindungan badan-badan air dari pencemaran air limbah rumahtangga, peningkatan kualitas dan estetika lingkungan, serta pemanfaatan hasil IPAL berupa pupuk organik dari lumpur air limbah. Selama ini, sudah dilakukan secara rutin berbagai kegiatan operasi dan pemeliharaan terhadap sistem air limbah, termasuk salah satunya adalah kegiatan pemantauan dan pengendalian kualitas sistem air limbah.

Pengolahan air limbah dilayani dengan 2 sistem, yaitu melalui (1) SPALDT berupa pengolahan air limbah domestik menggunkan IPAL dengan jaringan perpipaan dan (2) dilayani melalui SPALDS berupa tangki septic individu. Pelayanan pengelolaan air limbah melalui jaringan terpusat skala regional dilakukan di IPAL Regional Sewon, sedangkan untuk penngelolaan air limbah terpusat skala kawasan dilayani dengan IPAL Kawasan maupun IPAL Komunal, dan untuk pelayanan individual dengan SPALDS tangki septik individu dimasyarakat difasilitasi dengan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) untuk pengolahan lumpur tinja dari pengurasan tanki septik individual. [palp]