ASISTENSI/KONSULTASI TEKNIS USULAN DAK BIDANG JALAN TAHUN ANGGARAN 2021

Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo pada bulan Oktober 2020 ini melaksanakan asistensi/konsultasi teknis usulan Dana Alokasi Khusus (DAK)  Bidang Jalan untuk tahun anggaran 2021 ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII (Jawa Tengah dan DIY) di Semarang Jawa Tengah. Asistensi/konsultasi dilaksanakan dengan dua cara, yaitu pertama secara online (zoom meeting) untuk usulan DAK yang sifatnya carry over (pembangunan yang ditunda pembangunannya hingga tahun berikutnya) sebanyak 1 ruas jalan kabupaten, yaitu ruas Mlangsen-Pripih di Kapanewon Temon yang masuk dalam kegiatan DAK TA 2020 akan tetapi tidak bisa dilaksanakan karena terkena refocusing anggaran untuk penanganan Pandemi Covid-19. Asistensi/konsultasi dilaksanakan pada tanggal 13 dan 16 Oktober 2020.  Sedangkan asistensi/konsultasi yang kedua dilaksanakan secara tatap muka di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII pada tanggal 21 Oktober 2020 untuk usulan-usulan yang sifatnya baru dan telah masuk dalam Aplikasi KRISNA (Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran dengan mengintegrasikan sistem dari tiga kementerian, yakni Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Kementerian PANRB untuk mendukung proses perencanaan, penganggaran, serta pelaporan informasi kinerja).

Pada tahun anggaran 2021, Kabupaten Kulon Progo untuk DAK Bidang Jalan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp. 31.707.388.000,- untuk DAK Reguler (untuk pendukung konektivitas nasional) dan Rp. 15.251.526.000,- untuk DAK Penugasan (untuk pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional/KSPN Borobudur). DAK regular rencananya akan digunakan untuk menangani jalan sebanyak 4 ruas sesuai usulan ke pusat (Aplikasi KRISNA), sedangkan DAK Penugasan rencananya akan digunakan untuk menangani  1 ruas jalan kabupaten (sesuai prioritas usulan).

Sesuai dengan Surat Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Nomor PR.0204-SF/232 tanggal 26 Mei 2020 tentang Informasi Persiapan Kegiatan DAK Bidang Jalan TA 2021, maka Daerah (provinsi/kabupaten/kota) diminta untuk melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan dengan melakukan lelang dini setelah dokumen Rencana Kegiatan (RK) DAK Bidang Jalan disetujui oleh Kementerian PUPR. Terkait dengan hal itu maka Bidang Bina Marga DPUPKP Kabupaten Kulon Progo telah mendaftarkan paket-paket DAK tahun anggaran 2021 yang akan dilakukan lelang/tender dini ke Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Kabupaten Kulon Progo sehingga diharapkan pada awal tahun 2021 dapat dilaksanakan penandatangan Kontrak paket pekerjaan jalan yang dibiayai DAK.

Sumber: Bidang Bina Marga