SOSIALISASI PEKERJAAN PENINGKATAN JALAN CLERENG – GEMULUNG

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo pada tahun 2020 ini mempunyai beberapa paket pekerjaan pembangunan jalan yang dianggarkan melalui APBD Perubahan 2020, salah satunya adalah Peningkatan Jalan Clereng-Gemulung yang terletak di Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih. Pekerjaan ini merupakan lanjutan pekerjaan tahun 2019 untuk menuntaskan perbaikan jalan Clereng-Gemulung sampai Jalan Kabupaten Bulu-Clereng di Pertigaan Pasar Clereng, yaitu sepanjang kurang lebih 900 meter.

Penandatangan kontrak pekerjaaan Peningkatan Jalan Clereng-Gemulung telah dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2020 dengan penyedia jasa konstruksi CV. Ascont yang beralamat di Pedukuhan II RT.08 RW.04 Depok Panjatan Kulon Progo. Adapun nilai kontrak pekerjaan adalah senilai Rp. 1.344.256.000,- yang akan dilaksanakan selama 70 hari kalender. Sedangkan Konsultan Pengawas adalah CV. CIPTA POLA PERKASA, yang beralamat di Bendungan Lor RT 27 RW12 Bendungan, Wates.

Sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan Peningkatan Jalan Clereng-Gemulung, maka pada hari Jumat tanggal 9 Oktober 2020 di Pedukuhan Secang Kalurahan Sendangsari telah dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi dihadiri oleh Dinas PUPKP, Polsek Pengasih, Koramil Pengasih, Lurah Sendangsari, Dusun Secang, Pengusaha penggilingan batu, Kontraktor pelaksana, Konsultan Pengawas, dan masyarakat setempat. Sosialisasi bertujuan untuk memberikan penjelasan dan informasi kepada masyarakat tentang rencana pekerjaan yang akan dilaksanakan supaya masyarakat dapat mengetahui dan mendukung kelancaran pekerjaan.

Adapun pekerjaan yang akan dilaksanakan meliputi perkerasan jalan berupa beton Fc-20 dengan tulangan tunggal dengan lebar 4,5 meter, saluran drainase, talud, dan bahu jalan. Beberapa masukan masyarakat adalah pembuatan gorong-gorong untuk mengalirkan air, talud jalan, dan rekayasa lalulintas selama pelaksanaan pekerjaan.

Setelah sosialisasi maka Kontraktor pelaksana akan segera menindaklanjuti dengan melaksanakan pekerjaan persiapan, pemasangan papan nama, rambu-rambu petunjuk dan peringatan, pengukuran, pengecekan lokasi gorong-gorong yang diusulkan masyarakat, dan segera melaksanakan pekerjaan fisik di lapangan. Selama pelaksanaan pekerjaan diwajibkan tetap menjaga dan mematuhi protocol Kesehatan pencegahan covid-19.

(Bidang Bina Marga)