SOSIALISASI PENINGKATAN JALAN PASAR BENDO – BEKU

KULON PROGO – Pada hari Rabu (16/9/2020) telah diadakan sosialisasi peningkatan jalan Pasar Bendo – Beku yang bertempat di rumah Kepala Dukuh Kempong, Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang. Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh OPD terkait, yaitu DPUP-KP Kabupaten Kulon Progo, Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo, PDAM, Kapanewon Kalibawang, Polsek Kalibawang, PT. Selo Adikarto selaku Kontraktor Pelaksana, CV. Citra Matra Ardhitama selaku Konsultan Pengawas, Kalurahan Banjaroya, Dukuh dan warga masyarakat di sekitar lokasi pekerjaan.

Peningkatan jalan Pasar Bendo – Beku (Kawasan Makro Tonogoro) yang dilaksanakan tahun 2020 ini merupakan lanjutan dari pekerjaan tahun 2018 yang dibiayai dari Dana Keistimewaan  Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Program Pemanfaatan Ruang Satuan Ruang Strategis Kasultanan dan Kadipaten dalam Kegiatan Pemenfaatan Ruang Satuan Ruang Strategis Perbukitan Menoreh.

Pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah pelebaran perkerasan jalan yang ada dari 3 meter menjadi 4 meter sepanjang 1.350 meter dimulai dari STA 1+000 sampai dengan STA 2+350 beserta bahu jalan beton, saluran drainase, dan talud pengaman jalan.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak – pihak terkait, terutama kepada warga masyarakat yang terkena pelebaran jalan. Masyarakat mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan dengan merelakan tanahnya untuk pelebaran jalan karena akan meningkatkan aksesibilitas dan mendukung kegiatan perekonomian.

Selama pelaksanaan pekerjaan diwajibkan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Warga sekitar berharap peningkatan Jalan Pasar Bendo – Beku dapat tuntas hingga jalan provinsi Sentolo - Klangon, sehingga memudahkan akses menuju objek wisata kawasan Tonogoro, Sendangsono, dan Suroloyo. Setelah sosialisasi ini akan dilaksanakan survey pengukuran dan pematokan bersama masyarakat. (Bina Marga)