PERUBAHAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UJI LABORATORIUM KONSTRUKSI

 

PERUBAHAN PROSEDUR BAKU PELAKSANAAN KEGIATAN

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

PENGUJIAN LABORATORIUM KONSTRUKSI

dan PERALATAN, DINAS PEKERJAAN UMUM PERUMAHAN dan

KAWASAN PERMUKIMAN

 

            Standar Operasional Prosedur untuk uji Laboratorium Konstruksi ada 2 (Dua) jenis SOP. Pertama Standar Operasional Presedur yang di lakukan di lapangan (diluar kantor). Kedua Standar Operasional Prosedur yang dilakukan di Kantor.

        Standar Operasional Prosedur yang dilakukan di lapangan contohnya uji coredrill dan uji sandcone (uji kepadatan lapangan). Berikut Flow Chart dari Standar Operasional Prosedur uji laboratorium konstruksi yang di lakukan di lapangan.

Standar Operasional Prosedur yang dilakukan di kantor contohnya uji kuat tekan, jobmix formula, abrasi, gradasi (analisa saringan), sand equivalen, Pemadatan standar,  dll. Berikut Flow Chart dari Standar Operasional Prosedur uji laboratorium konstruksi yang di lakukan di kantor :

Adapun perubahan SOP terletak pada waktu pelaksanaan pembayaran, kalau yang semula pembayaran retribusi uji laboratorium konstruksi dilakukan setelah Laporan hasil Uji Laboratorium selesai dibuat, untuk yang sekarang pembayaran retribusi  dilakukan sebelum uji laboratorium konstruksi dilaksanakan.

(upt lab)