PENGOLAHAN TANAH MT 1 GOLONGAN I DI KALIBAWANG HULU

Berakhirnya Peraturan Bupati No. 37 Tahun 2019 tentang Tata Tanam Tahunan periode 2019-2020 dan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan Sumber Daya Air  untuk pengaturan pemberian air irigasi sebagai upaya ketahanan pangan dengan cara meningkatkan produksi pertanian, maka dengan diterbitkannya Peraturan Bupati No. 38 Tahun 2020 Tentang Tata Tanam Tahunan Periode 2020-2021 tanggal 16 Juli 2020, disebutkan  bahwasannya telah dibagi menjadi 3 kewenangan daerah irigasi yaitu :

  1. Daerah Irigasi Kalibawang (kewenangan pemerintah pusat)
  2. Daerah Irigasi Sapon (kewenangan provinsi)
  3. Daerah Irigasi Kecil (kewenangan kabupaten)

Berdasarkan pertimbangan ketersediaan debit air irigasi dan luas area, perencanaan tata tanam pada Daerah Irigasi Kalibawang diterapkan 2 sistem golongan (golongan I dan golongan II). Sedangkan untuk pola tanam yang diterapkan saat ini adalah Padi MT 1, Padi MT 2, dan Palawija MT 3. Sedangkan waktu Pola tanam yang diterapkan adalah :

MT 1 : dimulai pada awal bulan Desember s.d akhir November

MT 2 : dimulai pada awal bulan April s.d akhir Maret

MT 3 : dimulai pada awal bulan Agustus s.d akhir Juli

Untuk saat ini di wilayah Kalibawang hulu sesuai dengan Perbup terbaru sudah memulai pengolahan tanah di MT 1 Golongan I. Ketepatan waktu pelaksanaan di bagian hulu akan berpengaruh terhadap pemberian air dibagian hilir. Masing-masing pelaksana harus disiplin dalam melaksanakan jadwal yang telah ditetapkan agar tidak terjadi keterlambatan musim tanam di MT 3. Pelanggaran terhadap pasal yang terdapat dalam Perbup akan diberikan peringatan dan apabila tidak diindahkan maka akan dihentikan pelayanan pemberian air irigasi. (ririn-SDA)