Menjaga kebersihan tanggung jawab kita bersama

Menjaga kebersihan tanggung jawab kita bersama.

Alun-alun Wates Kabupaten Kulon Progo yang  berada di lokasi yang sangat strategis dengan luas kurang lebih 4 ha (empat hektar) disediakan berbagai fasilitas umum untuk warga masyarakat pengunjung antara lain seperti fasilitas  olahraga  jogging track, lapangan basket, lapangan tenis, lapangan sepak bola, arena bermain anak anak, panggung hiburan, toilet umum dan taman. Alun-alun menjadi salah satu ruang publik  yang cukup ramai dipadati setiap hari oleh pengunjung warga masyarakat di Kabupaten Kulon Progo.

Belakangan ini ada salah satu fasilitas yang dikeluhkan oleh warga masyarakat pengunjung, yakni fasilitas toilet umum yang mampet. Dan sempat juga diunggah di salah satu media social.

Menanggapi keluhan warga  masyarakat tersebut,maka pada hari Minggu tanggal 26 Juli 2020  Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kulon Progo melalui UPT Persampahan, Air Limbah, dan Pertamanan (PALP) selaku pengampu, secara cepat mengatasi hal tersebut. Beberapa petugas mengecek dan selanjutnya dilakukan pengurasan dan penyedotan septik tank dari toilet yang mampet.

Dan ternyata ditengarai penyebab mampetnya toilet tersebut akibat dari tersumbatnya saluran oleh benda-benda yang tak semestinya dibuang dan dimasukkan ke dalam toilet. Ditemukan beberapa masker bekas, sapu tangan, popok, kapas bahkan celana dalam.

Selama ini dalam rangka pemeliharaan dan perawatan fasilitas toilet umum di alun alun Wates, dijadwalkan penyedotan rutin setiap 4 (empat) bulan sekali terhadap septic tank di area alun alun Wates.

Kami menghimbau agar para pengunjung alun alun Wates menerapkan pola hidup bersihdan juga membuang sampah ditempat yang telah disediakan. Karena keberadaan fasilitas ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk dimanfaatkan sebaik baiknya sebagaimana mestinya. [palp]