Pendampingan Dikpora oleh Tim Teknis Bangunan Gedung DPUPKP dalam Kegiatan Survey Lapangan

Tidak seperti tahun – tahun yang sebelumnya, pengajuan proposal perencanaan pembangunan dan atau rehabilitasi Dana Alokasi Khusus (DAK) oleh Lembaga Pendidikan melalui Dikpora kini memerlukan rekomendasi teknis dari dinas terkait. Dalam hal ini, yang mengemban tanggungjawab tersebut di Kabupaten Kulon Progo ialah DPUPKP Kulon Progo.

            Terdapat 3 jenjang yang dibawah Kabupaten yang mengajukan program perencanaan lewat Dikpora, yakni TK, SD/MI, dan SMP/MTs, baik Negeri maupun Swasta, di seluruh Kapanewon di Kabupaten Kulon Progo selama memenuhi persyaratan yang dipersyaratkan. Adapun menu pengajuan perecanaan cukup variatif mulai dari rehabilitasi ruang kelas, rehabilitasi toilet hingga pembangunan arena bermain untuk anak TK. Pengajuan kali ini adalah untuk DAK tahun 2021.

            Sebagai tim teknis, DPUPKP bertugas membuat laporan berupa identifikasi dan verifikasi kerusakan lengkap dengan sketsa denah dan keterangan untuk program rehabilitasi, serta konfirmasi atas terpenuhinya luasan minimal lahan untuk program pembangunan. Untuk program rehabilitasi bangunan gedung, hanya yang berkerusakan sedang (30%-45%) atau lebih yang nantinya akan menjadi prioritas pengajuan. Kerusakan kategori ini biasanya terjadi karena komponen strukturnya terdapat kerusakan yang berarti, bahkan jika kerusakan komponen struktur sendiri setidaknya sudah 30%, maka tanpa memandang kerusakan non strukturalnya, bangunan tersebut sudah dapat dikategorikan sebagai rusak berat. Struktur yang dimaksud mulai dari bawah ialah pondasi, sloof, kolom, balok, plat lantai, dan struktur atap, baik kuda-kuda maupun gunungan. Bahkan termasuk diantaranya dinding jika sistem bangunan menggunakan bearing wall sebagai struktur utamanya. Sedangkan yang dimaksud non sruktural ialah komponen yang utamanya tidak menyusun tegak berdirinya bangunan melainkan lebih ke arah fungsi atau estetika, misalnya plafond/ternit, pintu jendela, utilitas dan finishing seperti cat, keramik atau ACP. (Hana-CK)