Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2020 tentang Tata Tanam Tahunan Periode 2020-2021

Hari Selasa, 14 Juli 2020 dan Rabu, 15 Juli 2020, diadakan sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2020 tentang Tata Tanam Tahunan Periode 2020-2021 di Kalurahan Kembang dan Kalurahan Tanjungharjo Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo. Setelah melewati perjalanan panjang akhirnya Peraturan Bupati atau Perbup tentang Tata Tanam Tahunan disahkan dan ditandatangani oleh Bapak Bupati Kulon Progo, Bapak Drs. Sutedjo pada tanggal 16 Juni 2020.

Dalam acara sosialisasi tersebut juga hadir beberapa instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, Energi dan Sumber Daya Mineral DIY, Dinas Pertanian Kulon Progo, Dinas DPUPKP Kulon Progo, Panewu Kapanewon Nanggulan, Lurah Kembang dan Lurah Tanjungharjo, serta GP3A dan P3A setempat.

Adapun tujuan dari diadakannya sosialisasi tersebut adalah untuk menjelaskan kepada instansi-instansi terkait tentang peraturan yang terbaru yang berlaku mulai tanggal 1 Agustus 2020. Perbedaan yang mendasar pada Perbup Tata Tanam taun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya adalah pada peraturan kali ini Saluran Induk Kalibawang yang biasanya dimatikan pada tanggal 15-31 Juli tidak akan dimatikan, karena proyek multiyears yang di lakukan di Talang Gowong sudah selesai. Hal ini bisa kita jadikan untuk mengejar ketertinggalan ataupun keterlambatan Musim Tanam terutama musim tanam ke 2 sehingga jadwal musim tanam akan berlangsung sesuai jadwal yang ditetapkan.

Dalam sosialisasi tersebut dapat diambil kesimpulan bawa masing-masing pelaksana arus disiplin dalam melaksanakan jadwal yang telah ditetapkan agar tidak ada lagi keterlambatan musim tanam, apabila dilaksanakan dengan disiplin palawija MT3 tidak akan meleset dari waktu pelaksanaan. Pelanggaran-pelanggaran terhadap pasal-pasal yang ada di dalam Perbup akan di berikan peringatan dan apabila tidak diindahkan akan dihentikan pelayanan pemeberian airnya. Selain itu Perbup No 38 Tahun 2020 tersebut juga di buat untuk mengatur agar keterlambatan di tahun sebelumnya dapat teratasi. Demikian, semoga dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2020 tentang Tata Tanam Tahunan Periode 2020-2021 dapat bermanfaat bagi semua piak terkait. –WidyaSDA-