Kegiatan Sosialisasi dan Pembukaan Rekening RTLH tahap II

Sosialisasi dan Pembukaan Rekening RTLH tahap II

Kegiatan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Pemerintah Kabupaten Kulon Progo terus berjalan hingga saat ini. Jumlah penerima bantuan RTLH APBD II Kabupaten Kulon Progo pada tahun 2020 ini sejumlah 250 rumah. Pada tahap I, jumolah penerima bantuan berjumlah 101 orang dan saat ini telah berproses pada pembangunan fisik dengan progres sebagai berikut :

Progres Fisik Bansos RTLH APBD II (101 penerima) per 30 Juni 2020

Gambar 1 Progres Fisik Bansos RTLH APBD II (101 penerima) per 30 Juni 2020
Sumber : data progres RTLH 2020

Sedang untuk progres fisik beberapa bangunan rumah tidak layak huni, dapat dilihat seperti di bawah ini :

Gambar 2 Progres Fisik Bangunan tahap I di desa Banjararum
Sumber : dokumentasi pribadi, 2020

Dan pada hari Kamis tanggal 2 Juli 2020 kemarin dilakukan kegiatan pembukaan rekening sekaligus sosialisasi, dan pembekalan kepada penerima bantuan di Desa Ngargosari dan Banjararum Kecamatan Samigaluh untuk pembangunan RTLH tahap II dengan penerima bantuan sebanyak 149 orang. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pada masa ini, kegiatan terlaksana dengan tertib dan lancar dan dihadiri oleh semua penerima bantuan. Pada kegiatan ini dilakukan pula kegiatan pengisian surat pernyataan dan fakta integritas dimana dalam surat itu berisi, antara lain bahwa penerima bantuan menyatakan :

  1. memiliki/menguasai tanah dengan bukti legal dan tidak dalam status sengketa;
  2. belum memiliki rumah/memiliki dan menempati rumah satu-satunya dengan kondisi tidak layak huni;
  3. sanggup membangun rumah dan tidak akan mengalihkan haknya kepada anggota keluarga lain/orang lain serta sanggup menempati rumah yang direhab;
  4. sanggup membuat laporan pertanggungjawaban administrasi keuangan, pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan dan menjadi obyek pemeriksaan penggunaan dana.

Gambar 3 Kegiatan Sosialisasi dan Pembukaan Rekening RTLH tahap II
Sumber : dokumentasi pribadi, 2020

Dikarenakan situasi pada masa ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di masing-masing desa atau wilayah yang semula dilaksanakan pada satu waktu dan tempat sehingga dapat berjalan bersamaan. Untuk kegiatan pembangunan RTLH tahap II ini, diharapkan penerima bantuan untuk segera berproses agar kegiatan dapat selesai tepat waktu pada bulan Agustus 2020. Penyedia jasa untuk material juga telah disepakati dan telah siap untuk mensuplai kebutuhan sesuai dengan RAB masing-masing penerima bantuan. Tokoh masyarakat setempat juga telah sepakat untuk turut membantu dan mengawasi dalam setiap prosesnya. Dengan penyiapan berbagai pihak diharapkan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu, serta sesuai dengan harapan atau rencana yang telah disepakati bersama. -perkim-