DPUPKP KULON PROGO RAIH NILAI A DALAM EVALUASI SAKIP OPD

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan. Sistem ini merupakan integrasi dari  sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Penguatan akuntabilitas kinerja merupakan salah satu program yang dilaksanakan dalam rangka reformasi birokrasi di Kabupaten Kulon Progo. Penguatan akuntabilitas ini dilaksanakan dengan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah (SAKIP) sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). DPUPKP Kulon Progo berharap seluruh karyawan agar selalu menjalankan pekerjaan secara profesional dan tetap saling menjalin koordinasi dalam menghadapi ataupun menyelesaikan persoalan dalam bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat sesuai target kinerja yang telah dibuat.

Penilaian SAKIP merupakan integrasi dari perencanaan kinerja (30%), Pengukuran Kinerja (25 %), Pelaporan Kinerja (20 %), Evaluasi Kinerja (10 %), dan Pencapaian Sasaran Kinerja (20%). Capaian nilai SAKIP DPUPKP terhadap laporan tahun 2019 adalah sebesar 85,09 dengan kategori A (memuaskan). Nilai tersebut merupakan hasil kerja keras semua komponen di DPUPKP Kabupaten Kulon Progo, Sejak tahun 2017 sampai 2019 nilai SAKIP DPUPKP Kulon Progo mendapat Nilai A.

Dengan nilai sakip A DPUPKP Kulon Progo harus terus berupaya untuk meningkatkan kinerja dengan didukung oleh penggunaan teknologi. Selain itu, SAKIP di dalamnya mewajibkan setiap instansi pemerintah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing Bidang dan UPT.

Pelaporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah memang dipandang sangat perlu. Adanya sistem SAKIP juga mengubah pemahaman ASN saat ini dari “berapa besar anggaran yang dihabiskan” menjadi berapa besar kinerja yang dihasilkan agar tujuan OPD yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai target dalam Perencanaan Kinerja Tahunan, Renstra maupun dalam RPJMD

(Sub Bag Perencanaan)