JALAN NASIONAL DI KABUPATEN KULON PROGO

Secara umum; “Jalan adalah tempat untuk lalu lintas orang (kendaraan dan sebagainya), perlintasan (dari suatu tempat ke tempat lain), dan yang dilalui atau dipakai untuk keluar masuk,” (Sumber: Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Secara spesifik; “Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel,” (Sumber: Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan).

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan disebutkan bahwa JALAN NASIONAL merupakan jalan arteri dan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antar ibukota provinsi, dan jalan strategis nasional, serta jalan tol.

Kewenangan pengelolaan jalan nasional berada pada Pemerintah Pusat yang dilaksanakan oleh Menteri (dalam hal ini Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Untuk saat ini pengelolaan jalan nasional di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Semarang yang beralamat di Jalan Soekarno - Hatta KM. 26 Karangjati, Kabupaten Semarang, Kode Pos 50552, Telpon: 0298 – 6023334 atau WA: 081 312345152.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Semarang mempunyai tugas melaksanakan perencanaan, pengadaan, pembangunan dan preservasi jalan dan jembatan, penerapan sistem manajemen mutu dan pengendalian mutu pelaksanaan pekerjaan penyediaan dan pengujian bahan dan peralatan serta keselamatan dan laik fungsi jalan dan jembatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam pelaksanaan tugasnya Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII membentuk Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional di beberapa wilayah. Untuk wilayah DIY dilaksanakan oleh Satker PJN Wilayah DIY yang beralamat di Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DI. Yogyakarta.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 290/KPTS/M/2015 tentang Penetapan Ruas Jalan Menurut Statusnya sebagai Jalan Nasional, maka jalan nasional di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 247,91 km. Sedangkan jalan nasional yang ada di wilayah Kabupaten Kulon Progo mempunyai panjang 28,32 km, yaitu jalan arteri nasional mulai dari perbatasan Kulon Progo-Purworejo (Karangnongko Sindutan Temon) sampai dengan perbatasan Kulon Progo-Sleman (Jembatan Bantar) yang terdiri dari:

No.

Nomor Ruas

Nama Ruas

Panjang Ruas (km)

1.

001

 

 

Karang Nongko (Batas Provinsi Jawa Tengah) - Toyan

9,91

2.

002

 

 

Toyan – Batas Kota Wates

4,95

3.

002

11

K

Jln. Chudori (Wates)

0,60

4.

003

 

 

Batas Kota Wates - Milir

3,30

5.

003

11

K

Jln. Kol. Sugiyono (Wates)

0,66

6.

004

 

 

Milir – Sentolo

7,90

7.

005

 

 

Sentolo – Batas Kab. Sleman

1,00

 

Panjang Jalan Nasional di Kab. Kulon Progo

28,32

oleh: Bidang Bina Marga