SOSIALISASI RENCANA PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN TPST KAWASAN AEROTROPOLIS KAB KULON PROGO

TEMON - Pada Hari Rabu, 20 Mei 2020 di Balai Kalurahan Plumbon, telah dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang Rencana Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Kalurahan Plumbon, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo. Sosialisasi tersebut diadakan oleh DPUPKP Kabupaten Kulon Progo dengan narasumber dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah DIY yang dihadiri oleh lurah Plumbon beserta jajarannya dan masyarakat Kalurahan Plumbon.

 

Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini yaitu memberikan gambaran berkaitan dengan rencana-rencana pembangunan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang direncanakan dibangun di Kalurahan Plumbon.

 

Bandara Internasional Yogyakarta telah dibangun di Kabupaten Kulon Progo pada lahan seluas 587 hektar di Kecamatan Temon. Aktifitas di bandara tersebut diperkirakan akan menampung 15 juta penumpang per tahun. Oleh sebab itu, daerah Wates dan Temon diprediksi akan menjadi kawasan cepat tumbuh. Pertumbuhan penduduk ini harus diimbangi dengan pemenuhan sarana prasarana dasar yang menjadi kebutuhan umum manusia, antara lain perumahan, air bersih, listrik, akses jalan dan sanitasi. Untuk saat ini sampah di Kabupaten Kulon Progo diposes akhir di TPA Banyuroto yang mempunyai kapasitas terbatas dan belum ada pengolahan air limbah yang memadai di sekitar Bandara New Yogyakarta International Airport. Oleh sebab itu, untuk menangani sampah di kawasan aerotropolis maka direncanakan pengolahan berupa TPST. Kapasitas TPST direncanakan dapat menampung 210 ton per hari dengan lokasi TPST di Desa Plumbon Kecamatan Temon.

Gambar 1. Peserta Sosialisasi dengan Physical Distancing

 

Dalam pelaksanaan sosialisasi ini juga diadakan sesi tanya jawab masyarakat kepada narasumber dan DPUPKP untuk memperjelas definisi dan perencanaan dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu sehingga masyarakat dapat memahami dan memiliki gambaran ke depan tentang pentingnya pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Kalurahan Plumbon, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo. (Lina-CK)